Banner

Banner
Pemkab OKU

Kerugian Materil Mencapai Ratusan Juta, Ini Daftar Desa di OKU Terdampak Banjir

Kerugian Materil Mencapai Ratusan Juta, Ini Daftar Desa di OKU Terdampak Banjirbaturajaradio.com -Banjir melanda pemukiman warga di Kecamatam Baturaja Timur dan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat malam kemarin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mencatat kerugian materil mencapai ratusan juta.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Kesiapsiagaan BPBD OKU, Mailan Purnama kepada Tribun Sumsel, Minggu (13/1/2019) siang menjelaskan, banjir disebabkan hujan angin dengan intensitas tinggi diperkirakan lebih kurang 2 jam.

Ketinggian debit air bervariasi, mulai dari 30 centimeter sampai 1,5 meter.
Dengan curah hujan yang tinggi berdampak juga dengan terjadi abrasi didekat aliran DAS Ogan yang mengakibatkan putusnya jalan setapak yang menuju ke Sungai ogan.

Jalan tersebut berfungsi sebagai akses masyarakat untuk menuju ke pangkalan pemandian warga di Sungai Ogan.

"Banjir diperkirakan terjadi sekitar 6 Jam sampai 10 Jam. Faktor Penyebab bencana Curah Hujan dengan Intensitas Tinggi," katanya.
Dampak dari bencana tersebut kata Mailan dari pantauan petugas dilapangan lebih kurang ratusan rumah warga yang terendam di Kecamatan Baturaja Timur dan Kecamatan Lubuk Batang.

Saat kejadian sempat terjadinya antrean panjang kendaraan sepanjang jalan lintas tengah dikarenakan jalan digenangi air dengan ketinggian 1 meter.
Ada beberapa fasilitas kantor pelayanan yang juga terkena imbas dari banjir tersebut seperti kantor KUA dan Puskesmas Pembantu.

Banjir di Dua Kecamatan
1.Kecamatan Baturaja Timur 
* Kelurahan Baturaja. Permai ( Rss. Helindo)
* Kelurahan Sekarjaya ( Rss. Sriwijaya )
* Kelurahan Kemelak Bindung langit
* Kelurahan Spancar Lawang Kulon
* Kelurahan Sukaraya
* Desa Tanjung Baru
* Desa Air Paoh.

2.Kecamatan Lubuk Batang (Dusun 5 Lekis Rejo Desa Banuayu)
*Abrasi DAS Ogan:*
* Kelurahan Kemalaraja
 (http://sumsel.tribunnews.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.