Banner

Banner
Pemkab OKU

Kodim 0403/OKU Melalui Anggota Koramil 403-13 Lubukbatang Bangun 36 Unit WC Umum Gratis di 15 Desa

Kodim 0403/OKU Melalui Anggota Koramil 403-13 Lubukbatang Bangun 36 Unit WC Umum Gratis di 15 Desabaturajaradio.com - Kodim 0403/OKU melalui anggota Koramil 403-13 Lubukbatang membangun sebanyak 36 unit WC umum di 15 desa dalam Kecamatan Lubukbatang.

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo Ssos didampingi Danramil
Lubukatang Kapten Inf Samran kepada Sripoku.com, Selasa (11/12/2018), menjelaskan WC berukuran 2 M X 2 M ini dibangun di 15 desa yang ada di Kecamatan Lubukbatang.
Pembangunan WC secara gratis yang dikomandoi oleh Danramil Lubukbatang Kapten Inf Samran bekerjasama dengan warga Desa Tanjungdalam (warga setempat).

Dengan telah ranpunga pembangunan WC dalam program jambanisasi oleh TNI ini diharapkan mengedukasi masyarakat menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari penyakit yang ditularkan melalui kotoran manusia.

Sumber airnya didatangkan dari sumur-sumur warga dan dengan sistim gotong royong mengisi bak penampungan air yang sudah disiapkan.

Di sisi lain warga Desa Tanjungdalam mengaku sangat bersyukur dapat bantuan pembangunan WC umum melalui program jambanisasi dari TNI Kodim OKU yang dibangun anggita Koramil Lubukbatang.

“Jamban umum ini hadiah dari TNI untuk warga kampung kami,” kata Kades Tanjungdalam Herson Misbah SH, seraya menambahkan program pembuatan jamban ini merupakan program bersama antara pemerintah desa Tanjungdalam dengan TNI khususnya Koramil Lubukbatang.

Dengan sudah dapat difungsikannnya WC dalam program jambanisasi TNI ini dirasakan sangat menolong warga yang akan BAB, tidak perlu lagi lari ke Sungai.

Dandim Letkol Arm Agung Widodo SSos yang juga didampingi Pasiter Kapten CZI Wahyu Hidayat ST menjelaskan, tujuan pembuatan jamban umum ini memang untuk memotivasi warga menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya jamban, TNI langsung memberikan contoh bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan.

Dikatakan Dandim, pembangunan jamban keluarga oleh TNI telah dilaksanakan sejak tahun 2015 yang lalu.

Untuk tahun 2018 ini saja Kodim OKU dan jajaran sudah merampungkan pembangunan hampir 300 unit lebih jamban.

Dikatakan Dandim, program pembangunan jambanisasi keluarga ini masih akan terus berlanjut, yang dibidik adalah keluarga yang kurang mampu yang selama ini masih terbiasa BAB bukan pada tempatnya.

Progam jambanisasi yang pembangunannya difasilitasi TNI jajaran Kodim 0403 /OKU bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (http://palembang.tribunnews.com/)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.