Banner

Banner
Pemkab OKU

Dishub OKU Akan Buka Trayek Baru di 4 Titik, Manfaatkan Bus Hibah

Dishub OKU Akan Buka Trayek Baru di 4 Titik, Manfaatkan Bus Hibahbaturajaradio.com -Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan segera membuka trayek angkutan umum untuk Kecamatan Lubuk Batang, Simpang Batumarta, Lengkiti, Ulu Ogan. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Aminelson saat dikonfirmasi wartawan.

Aminelson menambahkan, dibukanya trayek angkutan umum tersebut lantaran Pemerintah Daerah OKU memiliki 5 unit bus Bus Rapid Transit (BRT) angkutan umum yang dikirim dari Kementrian Perhubungan.

"Sebenarnya kita usulkan bus sekolah ke Kementrian Perhubungan namun ternyata yang dikirim bus BRT, tapi tidak masalah yang penting kita dapat bantuan," ujarnya.


Maka dari itu, lanjut Aminelson, dari pada bus tersebut mubazir dan tidak dapat dipergunakan untuk bus sekolah pihaknya mengusulkan ke pemerintah daerah agar bus tersebut dimanfaatkan untuk angkutan umum.

"Ya semua sudah kita anggarkan untuk anggaran tahun 2019 mulai dari minyaknya hingga perawatannya, jadi daripada tidak dipergunakan mending kita jadikan angkutan umum. Karena mengingat per tiga bulan bantuan ini harus sudah dioperasikan,"lanjut Aminelson.

Bus ini dikatakan Aminilson, berkapasitas 40 penumpang. Terdiri dari 18 tempat duduk penumpang umum, 2 kursi khusus disabilitas serta gantung tangan penumpang.

"Ini bus umum sejenis bus Trans Musi namun sudah pakai AC dan ada musik juga. Lengkap dengan alat keamanan serta sabuk pengaman tiap kursi, " jelasnya.

Untuk operasionalnya kata Aminilson, paling lambat Maret mendatang. Hal ini, karena pihaknya akan menyiapkan kelengkapan kendaraan. 
"Seperti plat nomor akan kita rubah dahulu ke pelat nomor polisinya ke Nopol OKU dan lainnya," ucapnya.

Meski belum beroperasional, namun sesekali armada itu akan dibawa keliling di dalam kota. Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Bahwa bus untuk masyarakat sudah siap di OKU.

"Untuk sementara, bus diparkir di depan SMP N 1 OKU,nanti kita akan titip ke Pemda dahulu, karena kemarinkan baru kita terima dari pengiriman, untuk penyerahan dari kementrian akan dilakukan nanti sembari kita menyiapkan kelengkapan Bus," katanya. (http://sumsel.tribunnews.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.