Banner

Banner
Pemkab OKU

Resep Masak dan Cara Membuat Sayur Terong Tumis Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera

Baturaja Radio.Com - Hidangan sayur terong tumis pedas ini sangat nikmat sekali apabila disantap ketika makan siang atau pun makan malam bersama dengan keluarga tercinta di rumah.
Seperti namanya ‘sayur terong tumis pedas’, maka bumbu yang digunakannya pun merupkan bumbu pedas yang akan menjadikan hidangan ini lebih enak dan nikmat. Sensai pedas yang dihasilkannya akan membuat lidah anda selalu bergoyang dan membuat anda sendiri ketagihan. Anda bisa membuat sayur terong tumis pedas ini sebagai menu sayur di meja makan. Proses membuatnya mudah dan sederhana, sehingga anda tidak akan kesulitan ketika berada di dapur. Lantas seperti apa resep dan bagaimana cara membuatnya? Jika anda penasaran, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.
Resep Masak dan Cara Membuat Sayur Terong Tumis Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera Waktu MemasakPersiapan: 40 menit Memasak: 15 menit
Total: 55 menit 
Jumlah Porsi 5 Orang Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Terong Tumis Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera Bahan dan Bumbu Utama Sayur Terong Tumis Pedas 300 gram terong ungu 2 lembar daun salam Gula merah sisir secukupnya 2 lembar daun jeruk Garam secukupnya Minyak goreng secukupnya 100 ml air atau secukupnya 2 cm lengkuas Bumbu Halus Sayur Terong Tumis Pedas 4 butir bawang merah 3 siung bawang putih 5 buah kemiri sangrai 3 buah cabai merah besar 15 cabai rawit atau sesuai dengan selera Cara Membuat Sayur Terong Tumis Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Terong Tumis Bumbu Pedas Pertama-tama cuci bersih terong yang telah anda siapkan. Lalu potong-potog terong dengan ukuran sesuai selera. Setelah itu, memarkan lengkuas terlebih dahulu. Lalu cuci bersih daun salam dan daun jeruk. Selanjutnya, haluskan semua bumbu halus seperti yang telah ditentukan di atas. Anda bisa menghaluskan dengan menggunakan blender agar lebih praktis dan mudah. Cara Membuat Sayur Terong Tumis Pedas Siapkan wajan atau alat untuk memasak lainnya, lalu simpan di atas kompor menyala. Masukan minyak goreng secukupnya, biarkan hingga minyak goreng tersebut panas. Jika telah panas, ambil bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukan ke dalam wajan. Tumis bumbu halus tersebut sampai matang merata dan mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya, masukan air ke dalam tumisan. Aduk merata dan masak sampai air mendidih. Jika telah seperti itu, masukan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Aduk-aduk merata sampai semuanya layu. Setelah itu, masukan terong yang telah dipotong-potong. Aduk merata dan masak terong sampai setengah matang. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula secukupnya. Aduk merata sampai bumbu-bumbu tersebut larut. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap. Apabila telah seperti itu anda bisa langsung mengangkat dan menghidangkannya pada piring atau wadah saji yang telah disiapkan. Sayur terong tumis pedas telah selesai dibuat. Sajikan tumisan ini dalam keadaan panas di meja makan. Santap pula bersama dengan nasi putih hangat agar lebih nikmat. Itulah resep dan cara membuat sayur terong tumis pedas.(selerasa.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.