Banner

Banner
Pemkab OKU

4 Tokoh Indonesia Raih Gelar Pahlawan Konservasi dari Disney

Pengunjung taman rekreasi Disney turut berkontribusi pada pendanaan proyek konservasi dunia.baturajaradio.com -Disney Conservation Fund (DCF) menobatkan empat tokoh dari Indonesia sebagai "Disney Conservation Heroes". Mereka dijuluki pahlawan konservasi karena semangat dan komitmennya melindungi bumi dan melanggengkan kelestarian lingkungan.

Salah satu tokoh itu adalah Sumadi Hasmaran, pendiri fasilitas penelitian dan pembiakan badak, Sumatran Rhino Sanctuary (SRS). Tiga "Disney Conservation Heroes" lain yaitu Ibnu Andrian, Tri Kurnia, dan Tasrif Kartawijaya.

Ibnu menggencarkan konservasi hutan dan satwa liar di Sumatra. Tri, berkomitmen melindungi spesies mamalia laut dugong beserta habitatnya di Raja Ampat. Sementara Tasrif menjaga terumbu karang dan habitat laut di Taman Nasional Karimunjawa dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mereka termasuk dalam 13 orang Disney Conservation Heroes dari seluruh dunia. Elissa Margolis, Senior Vice President CSR The Walt Disney Company mengatakan, pihaknya memiliki sejarah panjang dalam perlindungan dan pelestarian sumber daya alam dan satwa liar di dunia.

"Dengan demikian, kami sangat bangga karena dapat memberikan dukungan kepada tokoh dan organisasi di seluruh dunia yang memiliki visi yang sejalan dengan kami," ujar Margolis pada keterangan pers yang diterima Republika.co.id.

Tak hanya itu, Disney Conservation Fund juga menggelontorkan dana bantuan sebesar lima juta dolar AS untuk konservasi. Donasi itu diberikan kepada 76 organisasi konservasi yang fokus melindungi kelestarian lingkungan dari seluruh dunia.

Dua organisasi Indonesia yang berafiliasi dengan pihak luar turut menjadi penerima dana, yaitu "International Animal Rescue US" dan "One Forest Project". Mereka dianggap konsisten melindungi spesies hewan terancam seperti orangutan Kalimantan, siamang putih Kalimantan, burung enggang gading, macan tutul Sunda, dan kucing merah Kalimantan.

"Donasi kami secara langsung mendukung upaya penyelamatan hewan dan habitatnya dari kondisi ekosistem yang tengah kritis. Semoga menginspirasi sesama untuk melakukan hal serupa dan terus melindungi bumi," ungkap Margolis.

Sejak 1995, DCF telah menyalurkan lebih dari 75 juta dolar AS untuk organisasi konservasi di 120 negara dan mendukung lebih dari 2.000 proyek konservasi. Sebagian besar pendanaan berasal dari The Walt Disney Company, didukung kontribusi pengunjung taman rekreasi Disney.(https://www.republika.co.id/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.