Banner

Banner
Pemkab OKU

17 Hari Pasca Armina, Jumlah Jemaah Haji Meninggal 319 Orang


17 Hari Pasca Armina, Jumlah Jemaah Haji Meninggal 319 Orangbaturajaradio.com - Jumlah jemaah haji meninggal bertambah sampai ke fase pemenangan. Sampai hari ini, total jemaah haji asal Indonesia yang meninggal sebanyak 319 orang.


Demikian informasi dari Sistem Informasi Haji Terpadu (Siskohat) per pukul 16.00 Waktu Arab Saudi, Senin (10/8/2018) atau 17 hari pasca pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina). 



Adapun untuk jemaah haji yang dirawat sebanyak 131 jemaah. Dari jumlah itu jemaah dirawat di antaranya di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan juga di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Arab Saudi.




Jumlah jemaah haji meninggal ini lebih dari dua kali lipat jumlah jemaah haji meninggal sampai berakhirnya Armina. Pada hari terakhir Armina yakni pada Jumat (24/8), jumlah jemaah meninggal sebanyak 151 orang.


Meski begitu, jumlah jemaah haji meninggal sebanyak 319 orang ini masih jauh lebih kecil dibanding angka wafat pada tahun lalu yakni 657 orang.




Tim Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam laporannya menyatakan mayoritas jemaah haji meninggal karena kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah.


Saat jumlah jemaah meninggal mencapai angka 302 orang, persentase jemaah meninggal karena kardiovaskular sebanyak 35,43 persen. Asal Embarkasi dengan jumlah meninggal terbanyak yakni Embarkasi Solo (SOC) sebesar 18,21 %. Tempat wafat terbanyak RS Arab Saudi sebesar 58,28 %. 


(https://news.detik.com) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.