Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tips Mengatur Keuangan untuk Bisnis Kecil

Foto: Ari Saputra
baturajaradio.comMeskipun ada banyak tantangan yang berbeda saat memulai dan mengelola bisnis kecil, kekhawatiran uang masuk dalam daftar sebagian besar pemilik usaha kecil.

Ada banyak cara untuk memberi bisnis Anda perbaikan keuangan dengan memodifikasi proses operasi Anda, namun ada juga beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan dalam pengelolaan bisnis Anda sehari-hari untuk memperbaiki keuangan Anda. 



Kiat ini praktis, tindakan sehari-hari bisa Anda lakukan untuk mengelola uang Anda dengan lebih efektif.




1. Jangan campur urusan bisnis dan pribadi
Ada banyak alasan untuk tidak mencampuradukkan akun bisnis dan pribadi Anda, termasuk masalah pajak, tanggung jawab pribadi, dan catatan akuntansi campur aduk, hanya untuk beberapa nama saja. Ketika keadaan semakin ketat, tahanlah keinginan untuk mengamankan keuangan bisnis Anda dengan dana pribadi karena pasti akan menimbulkan kekacauan yang harus Anda hadapi nanti.

Cara terbaik untuk menjaga pemisahan pengeluaran Anda dengan jelas adalah dengan menetapkan anggaran pribadi dan anggaran bisnis. Mematuhi mereka secara ketat dan terpisah sehingga kartu kredit dan pinjaman untuk bisnis Anda tidak terbiasa dengan keuangan pribadi Anda dan sebaliknya. Pembukuan dan akuntan Anda akan berterima kasih untuk tidak muddying air uang ketika tiba saatnya untuk mengelola buku-buku Anda dan membayar pajak Anda.

2. Negosiasikan dengan vendor sebelum menandatangani kontrak
Terkadang Anda harus menggali sedikit untuk tawaran yang bagus. Saat melakukan pembelian dari vendor atau kontrak dengan pemasok, cobalah bernegosiasi untuk kesepakatan yang lebih baik.

Jangan lupa untuk memeriksa syarat pembelian seperti denda keterlambatan pembayaran dan masa tenggang saat membuat keputusan. Terkadang diberi 30 hari ekstra untuk membayar bisa menghemat lebih dari potongan 5% dari atas.

3. Bayar tagihan Anda tepat waktu, setiap saat
Sama seperti Anda dengan keuangan pribadi Anda, penting bagi Anda untuk membayar semua tagihan bisnis Anda dengan tekun.

Kartu kredit dan pembayaran pinjaman, biaya keterlambatan bisa menghabiskan biaya mahal, namun membayar biaya keterlambatan yang kecil untuk tagihan vendor dan utilitas secara konsisten juga bertambah. Hal yang sama berlaku untuk pajak: membayar terlambat bisa mengakibatkan denda serius.

Siapkan pengingat bulanan untuk memastikan tidak ada tagihan bisnis yang jatuh melalui celah. Untuk bisnis muda khususnya, margin keuntungan-laba tipis. Menghindari keterlambatan biaya bisa menjadi perbedaan antara akhir tahun dalam warna merah atau hitam.

4. Jadikan berhemat sebuah kebiasaan.
Anda tidak harus mengubah diri Anda menjadi kupon yang ekstrem untuk menghemat biaya bisnis biasa. Ikuti penawaran-penawaran untuk perlengkapan dan peralatan kantor, beli perabotan dan peralatan utama bekas.

5. Luangkan waktu untuk penyegaran akuntansi
Menjadi pemilik bisnis kecil tidak secara otomatis membuat Anda jagoan dengan uang, tapi Anda masih harus membuat keputusan terkait uang yang besar untuk perusahaan Anda. Jadi, bahkan jika Anda mempekerjakan pemegang buku atau bekerja dengan akuntan, Anda harus mengetahui dasar-dasar akuntansi bisnis. Ikuti kursus akuntansi pengantar online atau di perguruan tinggi komunitas Anda jika Anda perlu, dan pelajari bagaimana uang bergerak masuk dan keluar dari bisnis kecil Anda.

Semakin Anda memahami keuangan bisnis dan arus kas Anda, semakin siap Anda membuat keputusan pengelolaan uang cerdas. Dan, sementara tips-tips ini akan membantu Anda memulai, tidak ada yang bisa bersikap proaktif dan hands-on ketika harus mengelola uang Anda-tidak peduli seberapa besar atau kecilnya tantangan finansial. 
(https://finance.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.