Banner

Banner
Pemkab OKU

Resep Apem Spesial

baturajaradio.com - Apem berasal dari kata Appam, Appam merupakan Bahasa India. Namun apem sekarang telah menjadi jajanan khas dari Indonesia. Apem memiliki rasa masam karena apem terbuat dari tepung beras,tepung kanji, santan dan ragi. Ragi inilah yang membuat aroma dan rasa apem menjadi unik dan khas.

Apem biasanya dibentuk dengan menggunakan cetakan mangkok kecil. Apem lebih menarik jika diberi pewarna makanan sehingga bentuknya terlihat semakin cantik dan menarik, berikut resep selengkapnya.

Bahan-bahan :

400 gram tepung beras
80 gram tepung kanji
400 ml santan kental
240 ml santan encer
200 gram gula pasir
1 bungkus ragi instan
½ butir kelapa muda
garam secukupnya
pewarna merah dan hijau secukupnya

Cara membuat :

Campur tepung beras bersama tepung kanji, ragi, gula dan garam sampai rata. Tuangi santan encer, uleni sampai adonan licin sambil dipukul-pukul selama ± 15 menit. Biarkan di tempat hangat selama 1 jam
Masukkan santan kental, aduk hingga tercampur rata
Panaskan cetakan kecil yang telah diolesi minyak ke dalam kukusan
Tuang adonan ke dalam cetakan hingga ¾ dari cetakan
Kukus sampai matang selama 25 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan
Sajikan dengan kelapa parut yang terlebih dahulu telah dikukus dan diberi sedikit garam

Resep dasar Apem diatas menggunakan gula pasir putih, sementara jika Anda ingin menggunakan gula merah juga bisa namun jadinya Apem gula merah hehe.. Tapi dengan menggunakan gula pasir Anda jadi dapat membuat apem ini dengan lebih menarik karena dapat dicampurkan dengan berbagai macam pewarna makanan yang warna warni. (www.bacaresepdulu.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.