Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Produksi Beras 75 Ton Setahun, tapi Banyak Petani di OKU Enggan Jual Beras ke Pasar

Produksi Beras 75 Ton Setahun, tapi Banyak Petani di OKU Enggan Jual Beras ke Pasarbaturajaradio.com -Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menyebutkan beras yang dikelola oleh Petani OKU cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan beras di wilayah berjuluk Sebimbing Sekundang.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Pertanian OKU, Ir Jhoni Saihu. Menurutnya tercatat sekitar 75 ribu ton beras dihasilkan petani per tahunya.

"Kita sudah tidak perlu beras dari luar. Hasil panen beras di wilayah OKU sudah mencukupi," ujarnya.

Namun begitu, Jhoni tidak mengakui jika masih banyak masyarakat yang membeli beras lain seperti dari Belitang OKU Timur.

Mengapa demikian, sebab para petani beras OKU setelah panen enggan menjual kembali ke pasaran, mereka lebih memilih menyimpanya untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk kualitas Jhoni mengaku beras lokal OKU tidak kalah kualitasnya dari beras luar seperti dari kabupaten tetangga.

"Jadi bedanya petani kita tidak mau jual beras. Kalau kualitas tidak kalah selain itu harganya sama dipasaran,"tuturnya.

Lebih dari diungkapkan Jhoni, daerah penghasil beras tersebar dibeberapa wilayah kecamatan seperti kecamatan Sinar Peninjauan, KPR, Semidangaji, Pengandonan, Ulu Ogan dan beberapa wilayah lainya.(http://sumsel.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.