Banner

Banner
Pemkab OKU

Penggerak 116 WNI yang Digerebek karena Haji Ilegal Masih Misteri

Baturajaradio.com - Sebanyak 116 WNI yang digerebek di Mekah datang ke Arab Saudi dengan waktu dan visa berbeda-beda tapi berujung di tempat yang sama. Siapa penggerak mereka masih menjadi misteri.

"Kalau dari berita acara pemeriksaan mereka itu, siapa penggeraknya masih belum terungkap. Bisa jadi di antara 116 itu, bisa jadi di luar," ujar Konjen RI untuk Jeddah Hery Saripuddin.

Hal itu disampaikan Hery, yang berkunjung ke tim Media Center Haji di Daker Mekah, di kawasan Syisyah, Kamis (2/8/2018). Untuk diketahui, di antara 116 orang itu, banyak yang sudah tahu dan siap dengan risiko penangkapan karena berhaji secara ilegal.

"Dan ada juga mereka menyebutkan nama tertentu. Yang lainnya menjawab lupa," ujar Hery.

Hery mengatakan 116 WNI ini datang ke Arab Saudi dalam gelombang terpisah-pisah. Visa yang mereka gunakan pun bervariasi, ada yang visa kerja, umrah, ziarah, dan ada pula yang menggunakan visa kunjungan ke keluarga di Saudi.

Dari yang awalnya berangkat terpisah-pisah sampai akhirnya berkumpul jadi satu di salah satu gedung di Mekah, tentu saja mereka digerakkan oleh pihak tertentu. Ketika ditanya lebih lanjut mengenai pihak penggerak ini, Hery mengatakan akan ada tindak lanjut dari tim di Tanah Air.

"Ini terus terang saja, mengenai siapa yang menggerakkan ini jadi ada tindak lanjutnya di Tanah Air. Kami, insyaallah kami dibahas di Tanah Air," tutur Hery. 


(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.