Banner

Banner
Pemkab OKU

Pemerintah pastikan Asian Games tak terganggu asap

baturajaradio.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak akan terganggu asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan kerja sama dan kerja keras sungguh-sungguh semua pemangku kepentingan, dijamin penyelenggaraan Asian Games di Palembang aman dari asap," kata Wiranto dalam jumpa pers seusai rapat koordinasi khusus di kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa.

Wiranto mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan berhasil dikurangi.

Menurut penginderaan satelit, menurut dia, selama Agustus 2018 ada 1.077 titik api di beberapa wilayah. Jumlah titik api itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan kondisi pada kurun yang sama tahun 2017, ketika ada 2.650 titik api.

"Dengan memperhitungkan arah angin, dan semua pemangku kepentingan turun tangan, dijamin asap tidak akan sampai ke lokasi penyelenggaraan Asian Games di Palembang," jelas Wiranto.

Ia mengatakan bahwa Indonesia sejak tahun 2000 kerap mendapat keluhan dari negara tetangga berkenaan dengan asap dari kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau, karenanya setelah itu berusaha ekstra keras untuk mencegah dan mengatasinya.

"Usaha ekstra keras untuk memperbaiki sistem dan prosedur cara menanggulangi kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan. Usaha cukup berhasil beberapa tahun ini, asap berhasil ditekan," katanya.

"Ada satu upaya ekstra keras agar di lokasi penyelenggaraan Asian Games tidak terkena asap," demikian Wiranto.

https://www.antaranews.com/berita/736897/pemerintah-pastikan-asian-games-tak-terganggu-asap

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.