Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kemnaker Percepat Penyaluran Bantuan Korban Lombok

baturajaradio.com - Kementerian Ketenagakerjaan terus mempercepat upaya penyaluran bantuan kepada korban gempa di Lombok. Proses percepatan dilakukan dengan mengerahkan Mobile Training Unit (MTU), mobil Unit Reaksi Cepat (URC) Pengawas Ketenagakerjaan, serta kendaraan-kendaraan dinas.

Kemnaker juga mendirikan dua Posko Kemnaker Peduli Lombok yang terletak di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur serta mendirikan dapur umum dan posko pelayanan kesehatan di beberapa titik bencana serta penyaluran bantuan sumbangan secara langsung kepada masyarakat.

"Sesuai instruksi dari Bapak Menteri Ketenagakerjaan, kita terus berupaya mempercepat proses penyaluran bantuan sehingga dapat segera dimanfaatkan para korban bencana gempa bumi yang sangat membutuhkan," kata Sekjen Kemnaker Hery Sudarmanto dalam keterangan tertulis, Kamis (16/8/2018).



Hal itu disampaikan Hery saat berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Rabu (15/8).

Hery mengatakan, sejak terjadinya bencana gempa bumi, pihaknya langsung menggalang dana dan sumbangan kepada para pegawai Kemnaker dan masyarakat umum.

"Tim Kemnaker Peduli Gempa Lombok terus bergerak untuk menjemput dan menyebarkan bantuan bagi masyarakat, termasuk melakukan pelayanan kesehatan dengan mengerahkan 24 dokter dan tim medis dari pengawas ketenagakerjaan," kata Hery.

Bantuan dari Kemnaker juga ditujukan bagi masyarakat di Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang menjadi desa binaan Kemnaker, yaitu Desa Bentek dan Genggelang. Daerah tersebut banyak dihuni tenaga kerja Indonesia atau pekerja migran dan keluarganya.

"Semoga bantuan yang kita kirimkan dapat bermanfaat dan mampu meringankan saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah gempa bumi di Lombok dan sekitarnya," kata Hery.

Di tempat terpisah, Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono mewakili Menaker M Hanif Dhakiri juga menyerahkan sejumlah bantuan di Posko Peduli Lombok yang terletak di BLK Lombok Timur. 

Bambang meninjau salah satu lokasi gempa di Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Di lokasi, ia menyampaikan simpati pemerintah kepada para korban gempa.

"Atas nama pemerintah, kami menyampaikan rasa simpati dan duka mendalam kepada masyarakat yang menjadi korban gempa. Harapan kami, gempa ini tidak berkelanjutan dan segera Lombok bisa recovery, bisa terbangun kembali," tuturnya.



Adapun bantuan dari aksi Kemnaker Peduli Gempa Lombok yang diserahkan kepada masyarakat diantaranya 17 tenda, 30 terpal, 40 matras, 2 toren air, ribuan paket sembako, pakaian, makanan-minuman, selimut, peralatan dapur umum, buku gambar dan pensil warna untuk anak-anak, serta dana bantuan uang yang sebelumnya telah digalang bersama oleh pegawai/staf Kemnaker dan masyarakat umum.

Tak hanya itu, sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, Kemnaker juga menyerahkan hewan kurban, yang terdiri atas 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing, kepada masyarakat Lombok yang sedang ditimpa musibah gempa bumi. 


(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.