Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kapolres OKU Resmikan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat

Kapolres OKU Resmikan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakatbaturajaradio.com -Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari meresmikan FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di Rumah Aspirasi Kamtibnas di kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur, Rabu (29/8/2018).
FKPM dengan pembina masing-masing Lurah Sukaraya Dadi Setiadi SE dan Brigadir Deni Arfan SE MSi (Babinkamtibmas) dan Peltu Handoko (Babinsa). 

Ketua Umum FKPM Sukaraya Erwin Nensi, Ketua I Jhon Othorid SE, Ketua II Sukoco SE, Ketua III Hoopmarga RD, Sekretaris Junaidi SE dan Bendahara Juliandi Syamsir ST dan anggota 16 RT dan 4 RW se-Kelurahan Sukaraya.

Hadir pada acara peresmian, Wakapolres OKU Kompol Nurhadiyansyah SIK SH, Kasat Binmas AKP Mardi Nursal, Kapolsek Baturaja Timur AKP Saharuddin SH, anggota DPRD OKU H Medi Idris SH, Sekretaris Lurah Sukaraya dan para tokoh masyarakat setempat.

Dikesempatan itu Kapolres mengatakan pihaknya memberi apresiasi terhadap terobosan yang dilakukan Brigadir Deni Arfan SE MSi yang didukung penuh oleh isterinya Serka Kowad Serka Efryes Sriwahyuni yang sudah menyumbangkan tenaga dan pikiran serta material untuk mendirikan rumah aspirasi yang beralamat di Gang Masjid Ash-Sholihin Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Dikatakan Kapolres, apa yang sudah dilakukan Babinkamtibmas teladan ini sangat membantu jajaran Polres OKU dalam memberikan pelayanan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat.

“Kalau ada 11 saja polisi seperti Brigadir Deni Arfan SE MSi ini, aman wilayah hukum Polres OKU,” puji Kapolres OKU seraya menambahkan apa yang dilakukan Brigadir Deni agar diteladani oleh anggota polisi yang ada di OKU.

FKPM ini kata Kapolres, merupakan wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat, pemecahan masalah sosial yang sifatnya bisa diseelsaikan secara kekeluargaan dengan menggunakan kearifan lokal.

Sehingga kasus-kasus yang sifatnya ringan tidak semuanya harus masuk ke ranah hukum, karena apabila sudah ada laporan polisi (LP) maka akan menjadi hutang polisi. 

Dikatakan Kapolres jumlah polisi di OKU hanya 607 orang sehingga perbanidnggan 1 polisi melyani 10 ribu orang, itulah sebabnya kehadiran FKPM ini sangat membantu polisi. Apabila masyarakat sudah menjadi polisi bagi dirinya sendiri maka tugas polisi akan menjadi lebih ringan.

Polisi hanya akan menangani kasus-kasus kriminal saja. 

Sementara itu Aspirasi Rumah Kamtibnas, namanya sangat familiar ditelinga masyarakat dan anak-anak dilingkungan setempat. Rumah Aspirasi Kamtibmas ini digagas oleh Babin Kambtimas Teladan Brigadir Deni Arfan SE MSi. 

Di Rumah Kamtibnas ini semua sudah serba terpadu (satu atap), ada TPA Al-Iklas ada PAUD Ada Rumah Baca, Ada Majelis Ta’lim Fatariqul Khoirot , bahkan dilengkapi dengan Kvoice (Kamtibmas Voice). “ Kini ditambah dengan FKPM yang diisi oleh orang-orang yang ditokohkan dilingkungan setempat.” Terang Kapolres.

Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari memuji anggota Kamtibmas teladan ini. “ Brigadir Deni Arfan sudah meraih prestasi sebagai Kamtibnas teladan tingkat Polda, semoga berhasil menjadi teladan di tingkat Mabes POLRI” harap Kapolres.

Rumah Aspirasi KAMTIBMAS yang didirikan oleh Brigadir Deni ini kata Kapolres merupakan rumah penampung asipirasi masyarakat guna terciptanya keamanan dan ketertiban Deteksi dini, problem solving kemitraan. Dikesempatan itu Kapolres OKU mengatakan Brigadir Deni memang luar biasa dan patut dicontoh oleh anggota yang lain.

Rumah Aspirasi ini dikelolah oleh Brigadir Deni Arfan MSi bersama isterinya Serka Efryes Sriwahyuni (Kowad yang dinas di Dr Noesmir) Baturaja dibamtu oleh pengajar sukarela Serlly dan kawan-kawan. PAUD dan TK yang menuntut ilmu di Rumah Aspirasi ini tidak dipungut biaya,” Belajar disini gratis,” kata Brigadir Denny seraya menambahkan di rumah kreatif ini anak-anak bebas berkreasi dan mengembangkan bakatnya

Sedangkan anggota DPRD OKU H Medi Idris SH mengatakan pihaknya akan senantiasa mendukung program Rumah Aspirasi ini, “Kita akan usukan angaran untuk program yang sudah digagas oleh Brigadir Deni,” jelas H Medi.(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.