Banner

Banner
Pemkab OKU

Inasgoc: Ada Penghematan Anggaran di Asian Games 2018

baturajaradio.com - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir menyatakan, saat ini setidaknya sudah ada penghematan kurang lebih Rp 3 triliun dari total rencana anggaran penyelenggaran Asian Games 2018. Penghematan ini tidak terlepas dari pemasukan sponsor yang mencapai Rp 800 miliar.

Erick mengatakan, total rencana anggaran untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 mencapai Rp 8,7 triliun, tanpa pajak. Selain itu, ada pula asumsi pemasukan dari sponsor sebesar Rp 300 miliar. Namun, hingga kini, realisasi anggaran yang telah didapatkan Inasgoc mencapai Rp 7,2 triliun, termasuk pajak sebesar Rp 1 triliun.

''Jadi sekitar Rp 6,2 triliun dan Alhamdulillah, hingga saat ini dari sponsor ada Rp 800 miliar. Berarti kalau 6,2 dikurang 800 kan jadinya 5,4 triliun. Jadi ada penghematan kurang lebih tiga triliun,'' kata Erick kepada wartawan saat mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani kala meninjau persiapan Bandara Soekarno Hatta dalam menyambut delegasi negara peserta Asian Games 2018, Jakarta, (13/8).

Kendati begitu, lanjut Erick, penghematan tersebut tidak lantas menurunkan kualitas dari penyelenggaran Asian Games, seperti yang telah disepakati oleh Komite Olimpiade Internasional (OCA). Ia pun menambahkan, selama ini, pihaknya selalu berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Kemenkeu terkait penyusunan, perencanaan, dan pengelolaan anggaran dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

Selain itu, Inasgoc juga bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Kejaksaan RI. Koordinasi ini untuk menjamin transparansi penggunaan anggaran untuk penyelenggaran Asian Gaems 2018. ''Yang paling penting, kami menjaga, prosedurnya, dan mendapatkan pendampingan dari Menteri Keuangan langsung beserta tim, LKPP, BPKP, BPK, dan pihak-pihak dari Kejaksaan,'' katanya.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menghargai, niat Inasgoc menjaga transparansi anggaran Asian Games 2018. Sri menambahkan, selama ini Kementerian Keuangan selalu melakukan asistensi terhadap Inasgoc, terutama dalam hal pengelolaan anggaran. ''Itu adalah niat Inasgoc untuk transparan. Karena ini adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Tata kelolanya harus dilakukan dengan baik,'' jelasnya.

https://republika.co.id/berita/asian-games/news-asian-games-2018/18/08/13/pddyyq438-inasgoc-ada-penghematan-anggaran-di-asian-games-2018

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.