Banner

Banner
Pemkab OKU

Dua Hal Ini Jadi Fokus Pengawasan Bawaslu Sumsel Di Pemilu 2019

baturajaradio.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan pengawasan ketat pada pemilihan umum legislatif (pileg) dan pemilihan umum presiden pada April mendatang.

Bawaslu tak ingin agenda politik tersebut diwarnai politik sara dan money politic.

Pada Pemilu 2019 nanti pengawasan semakin ketat yaitu dua persoalan pertama money politic dan yang kedua politik sara,” kata Ketua Bawaslu Sumsel, Junaidi, Selasa (7/8).

Menurutnya, money politic sangat mudah dilakukan oleh para calon anggota legislatif (caleg) untuk meraup suara, padahal money politic melanggaran aturan.

"Begitu juga politik sara akan membuat gaduh dan gejolak ditengah masyarkat, oleh karena itu taati aturan yang ada dan berpolitik lah yang santun,” kata Junaidi.

Dikatakan Junaidi, untuk meraup suara dan simpati masyarakat para caleg harus mengumbar program untuk masyarkat, dengan program itu lah yang akan menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihan nantinya.

"Jika program yang ditawarkan baik menurut masyarakat, maka yakin lah masyarakat akan memilih, bukan karena uang dan sembako untuk menentukan pilihan. Masyarakat sudah sangat cerdas dalam menentukan pilihan, ”ujar dia.

Junaidi mengklaim bahwa Bawaslu sudah sangat siap melakukan pengawasan pada dua agenda besar tersebut, karena perangkat pengawas dari provinsi hingga keluarahan/desa sudah terbentuk. Pihaknya pun, kemarin telah melaunching pengawasan pemilu 2019 di hotel Ultima Horison.

http://www.rmolsumsel.com/read/2018/08/07/98673/Dua-Hal-Ini-Jadi-Fokus-Pengawasan-Bawaslu-Sumsel-Di-Pemilu-2019-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.