Banner

Banner
Pemkab OKU

BMKG Luncurkan 3 Sistem Pendeteksi Gempa hingga Kebakaran Hutan


BMKG Luncurkan 3 Sistem Pendeteksi Gempa hingga Kebakaran Hutanbaturajaradio.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meluncurkan tiga sistem peringatan bencana, seperti gempa bumi dan tsunami. Tiga sistem tersebut diyakini bisa memberikan informasi peringatan bencana lebih cepat dari biasanya.

"Ya, tentu lebih baik. Kan lebih cepat lebih baik. Jadi dari 10 menit ke 5 menit, ke 3 menit, akhirnya dengan diseminasi," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang menyaksikan langsung peluncurannya di kantor pusat BMKG, Jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).



Menurut JK, tiga sistem yang baru diluncurkan itu akan berguna dengan dukungan semua pihak. Misalnya, media yang menyiarkan di televisi saat sistem-sistem tersebut bekerja.


"Tapi masyarakat juga harus bisa siap untuk membuka aplikasinya. Kalau tidak, kan repot juga. Atau Anda semua (pihak BMKG), bekerja sama dengan TV untuk memperlihatkan itu, breaking news, disiarkan," terang JK.


Selain mendeteksi tsunami, dua sistem lainnya bisa mendeteksi sejak dini kebakaran hutan dan bencana yang disebabkan cuaca ekstrem. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut peluncuran sistem tersebut merupakan bukti BMKG berfokus pada mitigasi bencana.

"Ketiga produk inovasi tersebut masing-masing terdiri atas Indonesia Tsunami Early Warning System (INATEWS) 4.0, untuk mendukung keselamatan dari ancaman gempa bumi dan tsunami. Geohotspot BMKG 4.0, untuk monitoring peringatan dini kebakaran hutan dan lahan yang sekaligus dapat memantau potensi sebaran kabut asap. Dan info BMKG 4.0, yang memberikan layanan informasi cuaca dan iklim secara lebih presisi dan akurat," papar Dwikorita. 


(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.