Banner

Banner
Pemkab OKU

Pilkada Usai, Polri Siap-Siap Hadapi Pilpres

baturajaradio.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang telah digelar 27 Juni lalu berjalan baik dan lancar.

Karo Divhumas Polri, Mohammad Iqbal mengatakan, meski ada sedikit gesekan, hal itu tidak dianggap masalah yang besar.

"Sekarang kita pikirkan bagaimana ke depan perlu kita memperbaiki. Karena Pilkada ini wajah dari Pilpres. Inshaallah Pilkada serentak 2018 akan diakhiri secara kondusif dan nanti Pileg, Pilpres juga akan kondusif," kata Iqbal, belum lama ini.

Iqbal menambahkan, Polri berkewajiban menjaga keamanan dan kelancaran selama proses pemilihan hingga pengumuman pemenang pada Pilkada maupun Pilpres.

Pengalaman Pilkada bulan lalu memang diakuinya rentan terjadi konflik hingga perpecahan karena berbagai faktor. Menurut dia, hal itu terjadi karena di antara partai politik pendukung atau pengusung calonnya semuanya memiliki kepentingan yang berbeda. Selain itu adanya oknum yang tidak netral dari penyelenggara Pemilu.

"Biasanya terjadi di KPUD, Panwasda, Panwascam, Aparatur Sipil Negara dan Aparat Keamanan," katanya, seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Iqbal juga menyebutkan konflik terjadi lantaran adanya maksud dan tujuan untuk mengejar kepentingan pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

"Tapi ini harus diatur di-organize tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh KPU tapi harus ada Bawaslu, Polri dan lain-lain. Tidak bisa melaksanakan perhelatan akbar kalau cuma sendirian," sebutnya.

Dalam Pilpres peran masyarakat sangat besar untuk membuat proses pemilihan berjalan lancar. Dia berharap semua stakeholder melaksanakan dengan keadaan senang meski ada kompetisi di dalamnya.

"Jargon siap kalah siap menang ini harus kita lakukan kedepan, masih banyak yang harus disempurnakan," katanya.

"Pada tiga minggu yang lalu kawan kami gugur di Papua karena diberondong saat mengawal kotak logistik. Ke depan hal-hal ini harus diminimalisir," imbuhnya.

http://www.rmolsumsel.com/read/2018/07/24/97948/Pilkada-Usai,-Polri-Siap-Siap-Hadapi-Pilpres-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.