Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pemerintah Ingin Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Wakil Menteri ESDM- Arcandra Taharbaturajaradio.com -Pemerintah akan terus memperkuat Pertamina menjadi perusahaan minyak kelas dunia yang dapat menjalankan fungsinya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan tugas negara. Pertamina merupakan perpanjangan tangan Pemerintah untuk kebijakan-kebijakan yang bernilai strategis serta berdampak langsung ke masyarakat.
"Pemerintah ingin Pertamina menjadi National Oil Company kelas dunia yang dapat berdiri di atas kaki sendiri, itu visi kita," ujar Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melalui keterangan persnya, Jumat (27/7).

Meningkatkan kontribusi Pertamina dalam produksi migas nasional merupakan bagian dari peta jalan membesarkan Pertamina. Kontribusi Pertamina yang saat ini sekitar 23 persen akan ditingkatkan menjadi 39 persen pada 2019 dengan adanya pemberian blok migas terminasi kepada Pertamina.

"Pemerintah telah memberikan 12 blok migas terminasi kepada Pertamina, termasuk Blok Mahakam, ONWJ, Tengah, Attaka, East Kalimantan, North Sumatera Offshore, Sanga-sanga, Southeast Sumatera, Tuban dan Ogan Komering. Terakhir, Blok Jambi Merang dan Raja-Pendopo yang diserahkan Mei 2018," kata Arcandra.

Menurut laporan Pertamina, dari 10 blok migas terminasi selain Mahakan dan ONWJ, perkiraan tambahan pendapatan Pertamina sebesar 24 miliar dolar AS untuk 20 tahun ke depan. "Hal ini tentu bisa mengkompensasi isu keuangan Pertamina yang ramai dibicarakan belakangan ini," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Publik Kementerian ESDM Agung Pribadi

Bahkan untuk mengurangi beban keuangan Pertamina, Pemerintah juga telah mengusulkan untuk menambah subsidi solar. Pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR-RI, ESDM bersama DPR telah menyepakati kenaikan subsidi solar tahun ini menjadi Rp 2.000 per liter. Sedangkan untuk tahun 2019 menjadi maksimum Rp 2.500 per liter.

"Pemerintah pasti memperhatikan Pertamina. Tak mungkin ada pembiaran. Pemberian 12 blok migas terminasi, meningkatkan kontribusi produksi migas Pertamina dan upaya peningkatan subsidi solar merupakan sebagian upaya konkrit untuk meningkatkan kinerja Pertamina. Mendorong Pertamina menjadi perusahaan migas kelas dunia," papar Agung.

Salah satu blok migas terminasi yang diberikan kepada Pertamina adalah blok Jambi Merang. Pada blok terminasi tahun 2019 tersebut, Pertamina memberikan komitmen investasi sebesar 239 juta dolar AS atau Rp 3,2 triliun.

Itu adalah komitmen investasi terbesar selama ini. Pada blok tersebut, Pertamina juga memberikan bonus tandatangan sebesar 17,3 juta dolar AS kepada Pemerintah atau sekitar Rp 232 miliar. Itu pun merupakan yang terbesar yang pernah ada.

Sebagaimana diketahui, sejak Januari 2017 hingga Juli 2018 terdapat 25 blok migas yang menggunakan kontrak skema gross split. Kontrak yang menggantikan skema cost recovery tersebut telah memberikan total komitmen investasi sekitar 1,28 miliar dolar AS dan bonus tandatangan sebesar 74,8 juta dolar AS. Blok Jambi Merang yang dikelola Pertamina merupakan kontributor terbesar.(https://republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.