Banner

Banner
Pemkab OKU

Manfaat Buah Sirsak

manfaat buah sirsakbaturajaradio.com -Sirsak yang mempunyai bahasa latin Annona Muricata yaitu tanaman yang berasal dari Amerika. Di Indonesia sendiri, buah ini mudah dijumpai karena dapat tumbuh dengan mudah diiklim tropis. Daging buah sirsak yang sudah masak ditandai dengan warna putih dan terdapat biji hitam di dalamnya.Pada buahnya, sirsak menyimpan serat pangan yang masuk alam substansi non gizi. Kadar seratnya mencapai 3,3 gram di setiap 100 gram dagingnya. Beberapa mineral seperti kalsium dan mineral juga terdapat pada buah sirsak

1. Meningkatkan Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

manfaat buah sirsak yang pertama yakni bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ya, hal ini dikarenakan pada buah sirsak terdapat kandungan senyawa seperti acetogennis dan muriapentocin yang berfungsi untuk meningatkan sistem imunitas sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi buah satu ini untuk dijadikan jus atau dimakan langsung minimal 2 kali dalam seminggu.

2. Membantu Produksi Hemoglobin

Siapa sangka bahwa manfaat buah sirsak juga bisa menghasilkan hemoglobin. Hal ini dikarenakan adanya zat riboflavin dimana fungsinya untuk membantu produksi sel darah merah sehingga sel darah tersebut bisa cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh tubuh. Dengan aliran darah yang lancar, maka kinerja organ vital pun akan berjalan dengan baik.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit biasanya dikarenakan sulitnya usus untuk menyerap gizi ketika proses pencernaan berlangsung . Untuk itu dibutuhkan vitamin B2 yang akan membantu melindungi keadaan membrane mukosa usus sehingga sistem pencernaan bisa berjalan dengan baik. Adanya hal tersebut maka secara otomatis masalah pencernaan seperti diare dan sembelit biasa teratasi dengan baik.

Sudah saatnya untuk bilang selamat tinggal pada sembelit yang sering kali membuat perut tersiksa dan melilit hanya dengan buah sirsak.

4. Melawan Kanker

Sejumlah penelitian memilih vitamin C sebagai objek penelitian dan menunjukkan jika vitamin tersebut bisa melawan kanker dengan cara menghambat perkembangan selnya. Tak hanya itu saja, manfaat buah sirsak dari vitamin C ini dapat mengurangi efek saat melakukan kemoterapi seperti mual.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Buah sirsak mengandung tiamin yang berkhasiat untuk menjaga fungsi otak. Tak hanya itu saja, bahkan manfaat buah sirsak lainnya juga berguna untuk meningkatkan memori dan juga konsentrasi.

Adanya kandungan tersebut juga akan membantu otak untuk terlepas dari beban atau stress yang berkepanjangan karena bisa memperkuat sistem saraf motorik otak.

6. Pemasok Energi

Dan manfaat buah sirsak yang keenam yakni bisa menghasilkan energi karena buah tersebut mengandung karbohidrat. Kandungan vitamin B1 juga bisa menambahkan kadar energi juga bisa mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti pada otak, paru-paru dan ginjal. Vitamin B12 ini akan bertindak sebagai enzim untuk merubah glukosa menjadi energi.

7. Mencegah Katarak

Dengan meminum secara rutin buah sirsak dalam sehari dipercaya mampu untuk mengurangi risiko pandangan menjadi kabur. Bahkan masalah seputar mata seperti mata buram dan katarak bisa terhindarkan mengingat adanya kandungan vitamin A yang tinggi.

Dengan melihat adanya manfaat buah sirsak di atas, tentunya Anda sudah mengetahui secara jelas bukan khasiat yang diberikan pada buah tersebut? untuk itu, sediakan buah sirsak untuk bisa dikonsumsi setiap harinya. Selain murah, buah sirsak pun mudah didapatkan. Selain mengonsumsi buah sirsak secara rutin, imbangi pula dengan melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.
(https://www.manjadda.com/manfaat-buah-sirsak)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.