Banner

Banner
Pemkab OKU

BMKG: Waspada Potensi Tinggi Gelombang Laut Hingga 6 Meter

Peringatan dini gelombang tinggi baturajaradio.com -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan potensi tinggi gelombang laut yang signifikan di pesisir selatan DIY. Hal itu diperkirakan terjadi mulai 17-22 Juli 2018.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, Agus Sudaryatno mengatakan, perkembangan terakhir TC SON TINH berada di Laut Cina Selatan. Tepatnya, berada sebelah barat dari laut Filipina.

Ia menerangkan, aktivitas TC SON TINH itu bergerak ke arah barat dengan kecepatan 37 kilometer per jam. Sedangkan, kecepatan angin maksimum di sekitar pusatnya 65 kilometer per jam.

"Kondisi ini berdampak kepada peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 35 kilometer per jam dan peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan Yogyakarta," kata Agus.

Potensi gelombang tinggi mulai 2-3,5 meter pada 17-18 Juli 2018, 2-4 meter pada 19 Juli 2018, enam meter pada 20 Juli 2018, 2-3,5 meter pada 21 Juli 2018 dan 2-3 meter pada 22 Juli 2018.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai peningkata kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut. Terutama, bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitaran pantai, nelayan di laut dan wisatawan pantai selatan.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kepada nelayan sementara waktu diimbau tidak melaut dan kepada wisatawan diimbau tidak mandi di laut hingga tinggi gelombang laut kembali kondusif," ujar Agus.

Pantauan Republika, gelombang laut sudah terjadi dan menghantam beberapa pantai di Kabupaten Gunungkidul. Akibatnya, kerusakan terjadi di tempat-tempat usaha yang ada di sekitaran pantai-pantai tersebut.(https://www.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.