Banner

Banner
Pemkab OKU

15 Hektare Hutan Konservasi di Riau Terbakar


Baturajaradio.com - Kawasan hutan konservasi di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, terbakar. Luas hutan yang terbakar mencapai 15 hektare.

"Lokasi yang terbakar merupakan kawasan konservasi di bawah pengawasan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Riau," kata Kapolres Dumai Restika Nainggolan dalam siaran tertulisnya kepada detikcom, Jumat (20/7/2018).



Tim yang diterjunkan ke lokasi terdiri atas 8 personel Polsek Medan Kampai, 7 personel TNI, 7 orang tim Manggala Agni, dan 5 orang BBKSDA Riau. "Tim Satgas bersama-sama melakukan pemadaman dengan menggunakan mesin semprot air," kata Restika.
Restika menjelaskan kawasan yang terbakar merupakan lahan gambut, sehingga proses pemadaman yang dilakukan tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dilakukan pagi hingga sore.



Satgas membuat kanal dan embung karena lokasi yang terbakar merupakan kawasan gambut. Hal itu dilakukan untuk persediaan air yang akan memudahkan untuk melakukan pemadaman.



"Di lokasi kita buat kanal dan embung, biar ada persediaan air. Dengan demikian, kita tidak terlalu jauh untuk mendapatkan air," kata Restika.



Polres Dumai tengah menyelidiki terbakarnya kawasan konservasi tersebut.

"Kita masih melakukan penyelidikan siapa pelakunya dan apa penyebabnya. Kita harapkan masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan untuk membuka perladangan atau perkebunan," tutup Restika. 

(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.