Banner

Banner
Pemkab OKU

Tips Mudah Menghadapi Email Kerja Saat Libur

baturajaradio.com - Sejak beberapa hari lalu, Anda mulai antusias membayangkan waktu santai bersama keluarga, atau liburan seru bersama teman yang sudah direncanakan. Hari libur yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya tiba, tapi me time yang Anda rencanakan terancam hilang ketika pesan kerja dari kolega atau bos tak henti-hentinya masuk ke inbox.

Pertama-tama, jika Anda tergolong pegawai baru, disarankan Anda membalas saja seperti biasa. Status Anda yang masih “hijau” di tempat kerja ini belum cukup membangun kepercayaan dan reputasi sebagai pegawai kredibel.

Untuk Anda yang sudah bekerja beberapa waktu, kalau Anda sendiri tidak keberatan kehilangan sedikit porsi hari libur, tidak apa-apa. Masalahnya lain kali bisa jadi Anda akan dicari-cari meski sedang libur karena terkesan tidak bermasalah menerima pekerjaan di luar hari kerja.

jika Anda ingin menghindari persepsi ini dan membuat batasan jelas antara waktu kerja dan santai, coba tips mudah ini.

1. Membuat email otomatis

Sebelum meninggalkan kantor menuju surga temporer, tulis sebuah email auto reply yang mengirimkan balasan otomatis setiap ada email yang masuk. Di dalamnya, cantumkan bahwa Anda sedang berlibur dan tidak akan menerima email sampai kembali bekerja. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi pusing mengecek dan membalas-balas email kerja.

2. Membalas singkat sesuai kepentingan

Tidak sempat memasang email otomatis dan pesan yang masuk tak kunjung berhenti? Coba pertimbangkan pilihan Anda sesuai kadar pentingnya isi pesan.

Jika isi pesan tidak terlalu penting dan tidak banyak yang bisa Anda lakukan sampai hari kerja, Anda punya dua opsi: membalas setelah hari libur berakhir atau langsung membalas, tapi menyatakan bahwa Anda akan menangani permintaan ini ketika Anda kembali bekerja.

Jika isi pesan tergolong darurat, segera hubungi pengirim pesan dan sampaikan bahwa Anda telah menerima pesan dan sampaikan bahwa hal ini akan Anda jadikan prioritas begitu masuk kerja. Anda juga bisa memilih pergi ke kantor atau menanganinya dari rumah, tapi pastikan Anda tahu kalau Anda telah mengorbankan waktu berharga sendiri atau bersama keluarga.

https://www.qerja.com/journal/view/6818-ini-tips-mudah-menghadapi-email-kerja-saat-libur/2/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.