Banner

Banner
Pemkab OKU

Berkutik di Statistik, Demi Pembangunan Bangsa

BaturajaRadio.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden yang sebelumnya dikenal masyarakat dengan nama Biro Pusat Statistik, yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan.

Dibalik kinerja sebuah lembaga yang efektif dan efisien, tentunya tidak lepas dari aktor yang mengkomandoinya. Kepala Badan Pusat Statistik di Kabupaten Ogan Komering Ulu adalah sosok yang tidak asing di kalangan masyarakat, tapi siapa sangka selain kinerjanya yang bagus dan cemerlang, Budi sapaan akrab pria yang memiliki nama lengkap Ir Budiriyanto Harjono MAP, mengawali kariernya sebagai Jurnalis dan Penulis dengan karya hasil goresan tangan dinginnya berjudul Darah Pemimpin Terus Mengalir, yang merupakan Biografi Inspektur Jenderal Polisi Haji Achmad Bastari Gubernur/KDH Sumatera Selatan. Bahkan hingga saat ini masih aktif menulis di media massa.

Setelah tidak aktif menjadi wartawan Budiriyanto melanjutkan kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil. Namanya mulai bersinar setelah di percaya menjadi Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2006, sukses membangun Kabupaten Bangka Belitung Timur melalui penyediaan data statistik yang berkualitas. Bahkan berkat prestasi gemilangnya, Budiriyanto dipromosikan menjadi Kepala Bidang Statistik Distribusi di BPS Provinsi Kepala Bangka Belitung tahun 2010, selanjutnya tahun 2017 menjadi Kepala Bagian Tata Usaha di BPS Provinsi kepulauan Bangka Belitung dan dengan hasil kerja kerasnya Budiriyanto bersama timnya meraih penghargaan Laporan Penyusunan Keuangan Tingkat UAPPA-W Terbaik dari Direktorat Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung selama 5 tahun karirnya di Bagian Tata Usaha (2012-2017).

Garisan takdir mengantarkannya ke Baturaja mulai tanggal 22 Juni 2017, Budiriyanto diamanahkan menjadi Kepala Badan Statistik Kabupaten OKU hingga saat ini. Belum genap satu tahun memimpin BPS Kabupaten OKU, dalam rangka meningkatkan kualitas data statistik pada awal Mei 2018 telah ditandatangani MoU antara Bupati OKU dan Kepala BPS OKU tentang Pengembangan Data dan Informasi Pembangunan Tahun 2018.

Beliau juga dipercaya oleh Bupati OKU, sebagai Anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten OKU serta Anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten dan Anggota Tim Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten OKU. Tidak hanya disibukkan dengan rutinitas sebagai Kepala BPS, Budiriyanto juga dikenal sosok yang ramah serta akrab dengan masyarakat. (Ram)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.