Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

4 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja di Rumah

baturajaradio.com - Hal ini membuat banyak orang, khususnya ibu muda yang memiliki anak kecil, lebih memilih untuk bekerja di rumah. Selain merasa lebih nyaman, kamu juga tak perlu buang waktu untuk bersiap dan berangkat ke kantor. 

Tak hanya karyawan, banyak juga freelancer atau pekerja lepas yang lebih memilih untuk bekerja di rumah ketimbang nongkrong di kafe atau menyewa working space. Alasannya, bekerja dari rumah dinilai lebih santai dan hemat.

Namun, bekerja dari rumah tidaklah seindah yang kamu bayangkan. Kamu harus pintar-pintar mengakali suasana rumah dan mood diri agar produktif saat bekerja.

Dilansir Pop Sugar, kumparan (kumparan.com) merangkum sederet tips yang harus kamu pahami agar sukses bekerja dari rumah. Simak sejenak, yuk!

1. Atur Pola Pikir

Jika ingin sukses bekerja dari rumah, pola pikir merupakan hal pertama yang harus kamu kendalikan. Yang harus kamu sadari, bekerja dari rumah memiliki beban pekerjaan yang sama beratnya dengan kantor. Jumlah tugas dan deadline yang harus dikerjakan tetap sama. 
Bedanya, kamu hanya memiliki kebebasan lebih untuk bekerja dari rumah dengan suasana santai. Saat harus bekerja dari rumah, atur mood agar tetap ceria dan bersemangat. Dengan demikian, kamu bisa tetap produktif dan terhindar dari dorongan untuk beristirahat atau bermalas-malasan.

2. Atur Jadwal 

Saat bekerja dari rumah, atur jadwal dan patuhi. Tetaplah bangun pagi seperti biasanya, karena ada beban pekerjaan yang menanti untuk dikerjakan. 
Agar tak berantakan, buat deadline dengan teratur. Tentukan durasi dan jadwal yang harus kamu patuhi untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, bekerja delapan jam sehari dengan jeda 30 menit pada jam makan siang. Jangan beri alasan bagi diri untuk bermalas-malasan, ya!

3. Singkirkan Gangguan

Biasanya, orang yang terbiasa bekerja di kantor akan kesulitan menyesuaikan diri ketika bekerja di rumah. Semua karena suasana rumah yang identik dengan bermalas-malasan.
Agar bisa bekerja dengan maksimal, kondisikan suasana kerja jadi sekondusif dan seprofesional mungkin. Kamu bisa duduk di ruang kerja (jika ada) atau meja makan yang ditata rapi. 
Agar fokus tak terganggu, hindari menyalakan televisi atau sumber hiburan apapun. Kamu juga bisa mematikan notifikasi media sosial yang sama sekali tak berkaitan dengan pekerjaan. 

Jika kamu senang bekerja sambil ditemani alunan musik, tak ada salahnya menyetel lagu kesukaan. Pilih lagu bernada ceria yang mampu membangkitkan semangat.

4. Terapkan Batasan Pada Keluarga atau Anak

Ini merupakan hal yang paling sulit dilakukan oleh ibu muda yang memiliki anak. Karena seringkali, kamu dituntut mampu melakukan multitasking (bekerja sambil mengurus anak). 
Jika memungkinkan, sebelum mulai bekerja, beri pesan untuk tidak diganggu kepada orang rumah. Hal ini bisa diakali dengan mengunci diri di dalam kamar atau ruang kerja. Dengan demikian, kamu tetap bisa bekerja dengan lancar tanpa gangguan.

https://kumparan.com/@kumparanstyle/4-tips-agar-tetap-produktif-saat-bekerja-di-rumah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.