Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Inilah Manfaat Kolang Kaling Bagi Tubuh

baturajaradio.com -Mendengar kata kolang kaling pasti sudah membuat Anda membayangkan bagaimana segarnya buah yang satu ini. Selain segar, dan enak dimakan dengan campuran sirup beragam rasa, ternyata manfaat kolang kaling juga dapat meningkatkan kesehatan. 

Manis dan enak disantap dalam kondisi dingin, kolang kaling ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya, di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh.


Berikut ini adalah beberapa manfaat kolang kaling berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya;
Serat
Kolang kaling mengandung serat kasar yang termasuk pada serat tidak larut. Dengan kandungan serat tidak larut ini dipercaya dapat membantu dalam memperlancar pencernaan dan mempercepat pembuangan racun dari dalam usus. Sehingga, jika Anda ingin mencegah konstipasi atau sembelit, Anda disarankan mengonsumsi kolang kaling. Selain itu, serat tidak larut juga dipercaya dapat mencegah adanya zat yang dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal.
Kalsium
Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak hanya tulang, bagian tubuh lainnya juga memerlukan tulang untuk dapat berfungsi dengan baik misalnya saraf, hati, dan otot.
Fosfor
Buah yang kecil dan manis ini ternyata juga mengandung fosfor yang baik untuk tubuh. Setidaknya terdapat 243 mg fosfor di dalam 100 gram kolang kaling. Adapun manfaat fosfor sendiri antara lain seperti memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel serta jaringan tubuh. Fosfor juga dibutuhkan tubuh untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keteraturan detak jantung manusia.
Zat Besi
Manfaat kolang kaling lainnya dipercaya didapat dari zat besi yang terkandung di dalamnya. Zat besi sendiri dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti mengalirkan karbondioksida dan oksigen ke seluruh tubuh, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi.

Selain itu, kolang kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa membantu Anda yang ingin mengurangi berat badan. Pasalnya, gelatin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, mengatasi ostearthritis, osteoporosis, serta radang sendi.
Santap Nikmatnya Manfaat Kolang Kaling

Tertarik untuk menikmati kesegaran kolang kaling dan manfaatnya, silakan mencoba resep membuat manisan kolang kaling di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:
500 gram kolang kaling muda
5 butir cengkeh
200 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
2,5 cm kayu manis
600 ml air
Pewarna makanan sesuai selera (pilih yang alami)



Cara membuat manisan kolang kaling:
Pertama, tuang air ke dalam panci lalu panaskan. Kemudian masukan daun pandan, kayu manis, gula pasir, dan cengkeh. Diamkan hingga air tercium harum dan air
Barulah kemudian masukan kolang kaling ke dalam air yang mendidih. Kecilkan api, tunggu hingga kolang kaling matang, baru kemudian tambahkan sedikit pewarna.
Setelah matang dan pewarna (pilih yang alami) telah ditambahknutrisi, herba an, angkat kolang kaling tersebut dan tuang ke dalam wadah atau toples. Agar lebih nikmat, diamkan kolang kaling di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan.

Ragam manfaat kolang kaling bagi kesehatan dapat Anda nikmati berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selamat menikmati segar dan manisnya kolang kaling sekaligus mendapatkan manfaatnya. Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu, jangan ragu mengonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda. (https://www.alodokter.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.