Banner

Banner
Pemkab OKU

6 Jenis Makanan untuk Mengatasi Sariawan Anak

Baturajaradio.com - Masalah mulut seperti sariawan dapat membuat anak menjadi lebih rewel, karena rasa sakit yang ditimbulkan dapat menghambat anak untuk berbicara, makan dan melakukan aktivitas lainnya. Biasanya anak yang mengalami sariawan kurang mendapat asupan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak, sehingga menunjukkan tanda-tanda anak kurang gizi. Pentingnya vitamin dan mineral untuk bayi dapat membantu anak untuk tumbuh dan kembang lebih optimal hingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu dampak dari kekurangan vitamin adalah munculnya sariawan yang umumnya disebabkan kekurangan asupan vitamin C.

Manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak memang cukup krusial, karena vitamin C memiliki peranan yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh, membantu penyerapan zat besi hingga menangkal radikal bebas sehingga sel tubuh dapat terlindungi. Karena itu makanan sumber vitamin C untuk anak yang menjadi makanan untuk mengatasi sariawan pada anak sebaiknya diketahui setiap orang tua agar anaknya dapat terhindar dari sariawan yang membuat tidak nyaman. Adapun makanan yang dapat mengatasi sariawan adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Sumber vitamin C umumnya didapat dari manfaat sayuran untuk anak dan manfaat buah untuk anak. Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya vitamin C dan terbukti ampuh mengatasi sariawan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Makanan tersebut antara lain jambu biji, jeruk, buah berry, sayuran hijau dan pepaya. Vitamin C dapat membangkitkan daya tahan tubuh anak sehingga sariawan dapat segera disembuhkan.

2. Makanan yang Kaya Asam Folat

Makanan yang kaya akan asam folat bukan hanya bermanfaat untuk menyuburkan kandungan dan menyehatkan sistem saraf anak, namun juga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh hingga mampu meringankan gejala sariawan. Jenis makanan yang mengandung asam folat antara lain bayam, kubis, lobak, asparagus, pepaya, pisang dan grapefruit.

3. Madu

Semua orang tahu bahwa madu merupakan obat alami dalam mengatasi berbagai penyakit. Madu dapat mengatasi sariawan dan panas dalam, sehingga cocok jika diberikan pada anak. Tentu saja anak lebih menyukai madu karena rasanya yang manis. Dalam pemanfaatannya mengatasi sariawan, madu bisa diminum langsung atau dioleskan pada mulut anak yang terdapat sariawan.

4. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Terkadang kekurangan zat besi pun dapat menyebabkan anak mengalami sariawan, karena itu anak perlu mendapat makanan yang kaya akan zat besi untuk mengatasi peradangan, memperbanyak sel darah merah dan mengatasi sariawan. Adapun makanan yang kaya zat besi yaitu bayam, kentang, brokoli, telur, labu, hati ayam dan sapi.

5. Makanan yang Kaya Vitamin B

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks sangat bermanfaat dalam mengatasi peradangan seperti sariawan, melindungi otak dan saraf serta mencegah anemia. Sumber makanan yang mengandung vitamin B yaitu telur, ikan, susu, daging, dan tiram.

6. Air Kelapa

Air kelapa memang bukan makanan melainkan minuman yang menyegarkan, namun selain rasa segar kita bisa mendapat manfaat lainnya dari air kelapa yaitu dapat mengatasi sariawan karena kandungan elektrolitnya. Air kelapa akan mengatasi peradangan dan memberikan efek dingin sehingga sariawan segera menghilang.

Nah, ternyata ada banyak makanan untuk mengatasi sariawan pada anak yang bisa diberikan orang tua agar anaknya dapat segera terbebas dari sariawan yang mengganggu. Bila anak selalu mendapat makanan yang bergizi maka anak tidak akan mudah sakit dan terkena sariawan karena tubuhnya kuat sehingga mampu menghindar dari serangan berbagai macam penyakit.
https://dokteranak.org/makanan-untuk-mengatasi-sariawan-anak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.