Banner

Banner
Pemkab OKU

Kekeringan Ratusan Hektare Sawah di Semidang Aji Tak Bisa Digarap



Baturajaradio.com- Ratusan hektare lahan sawah di Tubohan Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kerap mengalami kekeringan. Dampaknya lebih kurang 1,5 tahun ini ratusan hektare lahan sawah di wilayah setempat tidak bisa dimanfaatkan atau tak tergarap oleh petani.
Mendapat informasi itu, Kepala Dinas Pertanian, Kab OKU, Jhoni Saihu, Rabu (11/4) turun langsung kelapangan untuk melihat apa yang terjadi. Tujuan untuk mencari solusi sehingga lahan tersebut kembali bisa di manfaatkan petani dengan baik. Harapan perekonomian petanipun semakin membaik ke depanya.
"Lebih kurang ada sekitar 100-150 hektare lahan sawah tidak bisa digarap. Hari ini kita turun langsung kelapangan untuk mengecek apa yang terjadi. Kita cari tahu akar permasalahannya sehingga bisa dicarikan solusi sehingga lahan sawah ini bisa dimanfaatkan petani," kata Joni.
Joni menjelaskan, setelah mereka turun kelapangan lahan sawah ini merupakan lahan tada hujan. Lahan mengalami kekeringan di saat volume air sungai ogan surut.
"Air tak bisa masuk ke lahan sawah, saat aliran sungai surut. Kita akan carikan solusi," jelasnya.
Sumber air ke sawah dari Itu saluran hulu irigasi. Hasil turun kelapangan kali ini, kata Joni posisi sekarang air Sungai Ogan besar jadi seolah-olah tidak ada masalah.
"Tapi pada saat debit air sungai kecil baru bermasalah karena tidak masuk ke areal sawah. Jadi saat ini kita belum bisa mengambil langkah-langkah dan solusi," kata Joni. (http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.