Banner

Banner
Pemkab OKU

TIPS MERAWAT LEMARI ES / KULKAS BIAR LEBIH AWET



BaturajaRadio.com - Merawat almasi es/almari pendingin/kulkas/refegerator dengan baik tentu akan mebuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Perawatan ini tidak sulit dan bisa dilakukan pada waktu senggang. Sejak dipakai, kulkas memerlukan dukungan perawatan dan penanganan yang baik agar kulkas dapat bekerja optimal dan tahan lama. Berikut ini Tips pemaiakan dan perawatan kulkas yang bisa Anda lakukan sendiri:

1. Buka Kulkas Seperlunya. Yang perlu Anda perhatikan, kulkas jangan terlalu lama dibuka. Sebab, hal itu akan menambah beban kerja mesin pendingin. Selain itu, mesin juga mudah rusak dan tagihan listrik pun jadi membengkak.

2. Simpan Seperlunya. Anda juga jangan menyimpan makanan seperti buah dan sayuran di wadah pembuat es (freezer). Sebab kotoran dan sisa makanan yang menempel di freezer sukar dibersihkan. Botol atau gelas kaca juga disarankan untuk tidak diletakkan di freezer, sebab kaca dapat pecah saat air di dalamnya membeku.

3. Cairkan Kembang Es. Untuk mencairkan kembang es, lakukan secara teratur dengan menekan tombol peleburan (defroting). Bila tombol otomatis ini belum tersedia, matikan kulkas sampai kembang es-nya mencair. Dengan demikian, kulkas Anda akan bersih dari kembang es dan daya kerjanya akan kembali membaik.

4. Hindari Benda Panas. Jangan sampai memasukkan makanan atau minumam yang masih panas ke dalam kulkas. Sebab, benda panas meningkatkan kerja mesin pendingin yang akan berakibat, menyerap banyak energi listrik dan membuat tegangan listrik membengkak. Segera bersihkan bekas tumpahan makanan dan minuman agar tidak membekas secara permanen.

5. Penyimpanan Yang Efektif. Perhatikan juga penyimpanan makanan dalam kulkas. Buah dan sayuran segar biasanya 3-4 hari, arbei dan anggur 1-2 hari, ikan segar 1-2 hari, daging potong segar 4-5 hari, susu dan krim 3-7 hari, telor 2 minggu, keju keras sekitar 1 bulan dan minuman olahan sesuai dengan tanggal kadaluwarsanya.

6. Bersihkan Secara Rutin. Cara membersihkan kulkas adalah cabut saklar listrik dan keluarkan seluruh isi kulkas, termasuk wadah plastik yang dapat dilepas. Lalu gunakan air hangat untuk membersihkan bagian luarnya.


Sumber Artikel : http://tipsanda.com/2009/02/27/tips-mudah-merawat-almari-eskulkas-agar-awet/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.