Banner

Banner
Pemkab OKU

Tahap Pertama Raih Nilai Tertinggi, Tim Penilai Adipura Susuri Pasar di OKU Untuk Tahap Kedua

Baturajaradio.com Tim Adipura menyisir setiap sudut bumi sebimbing sekundang guna melakukan penilaian adipura tahap dua (P2), Rabu (14/3/2018).

"Ini kunjungan Tim yang kedua di OKU, untuk melakukan penilaian tahap dua (P2)" Kata Edi Wardana selaku ketua tim rombongan penilaian Adipura kepada wartawan.

Pantauan dilapangan, Tim Penilai Adipura yang terdiri dari 3 orang ini mendatangi setiap titik penilaian.
Diantaranya Bank sampah induk Sebimbing sekundang dan pasar atas Baturaja, setiap sudut pasar tak luput dari pantauan tim ini,
seperti kota sampah, WC umum, tempat pegolahan sampah serta los dan tempat berjualan pedagang juga di pantau oleh tim penilai.

"Ada sekitar 40 tempat yang menjadi titik penilaian, diantaranya pasar, Bank Sampah, TPA, Perkantoran dan lainnya," kata Edi.

Penilaian ini lanjut Edi dilakukan selama dua hari, adapun kriteria penilaian dituturkan Edi yang sudah baku yakni Kebersihan
yang meliputi pasar dan tempat lainnya, selanjutnya penghijauan dan pengolahan sampah.


"Poin terbesar dengan bobot nilai mencapai 11 poin yakni di TPA, di sini banyak yang kIta nilai mulai dari pengolahan dan
pemilahan sampah, pegomposan, serta pengolahan air limbah TPA, sedangkan untuk Bank Sampah bobkt nilainya 7 poin, Pasar 6 poin dan lain sebagainya," katanya.


Edi mengatakan semuanya sudah baik, meskipun tentunya harus terus berbenah untuk lebih baik lagi,

namun menurut Edi semangat Pemkab OKU Untuk bisa meraih adipura dan menciptakan lingkungan yang bersih diakuinya sudah banyak berubah kearah yang lebih baik.

Perlu diketahui, hasil penilaian Adipura tahap pertama (P1) beberapa waktu yang lalu OKU meraih nilai tertinggi dari 12 Kabupaten/Kota Sesumsel yang ikut dalam penilaian Adipura.

Kabupaten OKU dengan Kategori Kota kecil berhasil meraih nilai 76,14 untuk penilaian P1, serta untuk penilaian TPA P1 OKU juga meraih point terbesar yakni 75,90.




Mengenai hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU, Slamet Riyadi mengatakan Bupati OKU bersama seluruh unsur lapisan masyarakat telah berusaha semaksimal mungkin,
mengenai hasil pihaknya memohon doa dan dukungan dari seluruh pihak.

"Standar penilain setiap tahap semakin meningkat, untuk itu kami mohon doanya, tapi yang jelas kita tetap optimis mampu meraih adipura," katanya. (http://sumsel.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.