Banner

Banner
Pemkab OKU

Kostrad: Tank M113 Terperosok Akibat Dasar Sungai Bogowonto Tak Kokoh

BaturajaRadio.com - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menjelaskan kecelakaan tank M113 di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, terjadi karena dasar sungai yang tak kokoh. Akibatnya, tank miring dan terperosok.

"Terjadi kecelakaan yang tidak diperkirakan saat Ranpur (kendaraan tempur-red) melintasi sungai yang berpasir," kata Kepala Penerangan Kostrad Letkol Inf Putra Widyawinaya dalam keterangan resminya, Sabtu (10/3/2018).

Kecelakaan ini merenggut dua orang korban jiwa, yakni Pratu Randi Suryadi dan Kepala Sekolah PAUD Ananda, Iswandari. Saat kecelakaan, tank sedang mengangkut anak-anak PAUD dan TK. Namun karena dasar sungai tak stabil, maka tank menjadi miring.

"Akibat kondisi dasar sungai yang tidak kokoh sehingga Ranpur miring, amblas dan terperosok menyebabkan sebagian penumpang Ranpur terjatuh, hanyut terbawa derasnya aliran sungai dan tidak terselamatkan. Dampak dari kejadian tersebut terjadi kerugian 2 orang personel meninggal dunia, yaitu Pratu Randi Suryadi dan Sdri Iswandari Kepala sekolah PAUD Ananda," kata Putra.

Kecelakaan terjadi pukul 10.00 WIB tadi, saat pengenalan lingkungan sekitar asrama menggunakan kendaraan tempur itu. Tank itu dioperasikan oleh Bataliyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412/6/2 Kostrad.


Sekitar 30 menit kemudian, Kostrad mengirimkan ralat keterangan resminya. Kalimat yang diralat yakni "terjadi kecelakaan yang tidak diperkirakan saat Ranpur melintasi sungai yang berpasir. Akibat kondisi dasar sungai yang tidak kokoh sehingga Ranpur miring, amblas dan terperosok..." menjadi "terjadi kecelakaan yang tidak diperkirakan saat Ranpur hendak berputar di pinggir daratan yang berpasir. Akibat kondisi tanah yang tidak kokoh sehingga Ranpur miring, amblas dan terperosok...
(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.