Banner

Banner
Pemkab OKU

DPS di OKU Mencapai 246.592 Pemilih

Baturajaradio.com- Jumlah pemilih Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018 di Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU (OKU) mencapai mencapai 246.592 pemilih.
Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab OKU Naning Wijaya, sesuai dengan hasil Pleno Rekapitulasi DPS Pilgub dan Wagub Sumsel tahun 2018 di Hotel Kemuning Baturaja, beberapa hari lalu.
Jumlah DPS 246.592 pemilih, terdiri dari 125.406 orang pemilih laki-laki. Untuk pemilih perempuan sebanyak 121.186 orang pemilih. Semua pemilih yang tercatat di DPS itu tersebar di 714 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 157 Kelurahan dan Desa di 13
Kecamatan tersebar di Kabupaten OKU. Data DPS ini sesuai dengan rincian pada form Model A.1.3-KWK. “Selain itu kita juga mencatat hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Potensial Non KTP-elektronik di Kab OKU dengan jumlah pemilih sebanyak 6.500 orang. Rincian laki-laki sebanyak 3.332 orang pemilih, dan untuk perempuan sebanyak 3.168. Hal ini sesuai dengan rincian Form Model A. C 3-KWK yang terlampir,” jelas Naning.
Ia menegaskan dari DPS inilah nanti akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018. Ini sifatnya baru sementara. Dengan demikian pihak KPU OKU kata Naning belum bisa memastikan apakah jumlah DPT nantinya akan bertambah atau berkurang.
“Tercatatnya hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Potensial Non KTP-elektronik di Kab OKU yang mencapai 6.500 orang ini mereka akan melakukan koordinasi dengan pihak Dukcapil Kab OKU. Tujuan agar Pemilih Potensial Non KTP-elektronik ini bisa menyalurkan hal suaranya.
“Jadi mereka yang belum memiliki KTP –elektronik ini tetap bisa memilih. Syaratnya harus memiliki Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dukcapil setempat. Misalnya di OKU, harus ada Suket dari Dukcapil Kab OKU, baru bisa menyalurkan suara untuk menyalurkan hak suara,” jelasnya. (http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.