Banner

Banner
Pemkab OKU

Akhirnya Jalan Provinsi Lubuk Batang - Peninjauan Diperbaiki

Baturajaradio.com Harapan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) khususnya warga masyarakat kecamatan Lubuk Batang - Peninjauan untuk dapat menikmati mulusnya infrastruktur jalan akhirnya berbuah manis. penantian panjang masyarakat berakhir setelah Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin datang ke Bumi Sebimbing Sekundang untuk menepati janjinya memperbaiki kerusakan jalan provinsi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sepanjang 51 kilometer dari Desa Sukapindah, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) menuju Lubuk Batang.
Sebagai simbolis dari dimulainya pembangunan jalan provinsi itu, Gubernur didampingi Bupati OKU, H Kuryana Azis menyempatkan diri menghadiri louncing perbaikan jalan tersebut sekaligus menjalankan alat berat untuk meratakan pasir dan batu (sirtu) di Desa Kedaton, Kecamatan KPR, Kab OKU, Kamis sore (15/3).
Alex mengatakan, total jalan provinsi di Sumsel saat ini adalah sebanyak 1.513 kilometer. Dari jumlah itu hanya 30 persen yang kondisinya tidak mantap.
"Yang dimaksud tidak mantap adalah jalannya ada yang rusak berat dan ringan, sedangkan sisanya dalam kondisi baik," katanya.
Di OKU sendiri lanjut Alex, terdata ada 51 kilometer jalan provinsi yang mengalami kerusakan dan semuanya akan diperbaiki pada 2018 ini. "Total anggaran APBD induk yang kita siapkan untuk perbaikan jalan provinsi di OKU ini adalah Rp23 miliar. Nanti saat Anggaran Biaya Tambahan (ABT) 2018 dikucurkan lagi sebanyak Rp50 miliar," katanya.
Sementara untuk kegiatan Asean Games sendiri kata Alex, selama dua tahun ini Pemprov Sumsel mendapatkan kucuran dana dari pusat sebanyak Rp68 triliun untuk infrastruktur. Dana itu digelontarkan selama dua tahun berturut-turut dari 2017-2018.
"Itu belum termasuk dana dari pihak ketiga," ungkapnya.
Hasilnya beber Alex, selama dua tahun ini Sumsel bisa melakukan pembangunan 4 ruas jalan tol, dua Jembatan Musi, dua jembatan fly over, satu rumah sakit tercanggih dan termodern di Indonesia, daya listrik dan air bersih ditambah, meningkatnya daya tampung Bandara SMB II Palembang dari 2 juta penumpang pertahun menjadi 4 juta pertahun, serta LRT (kereta listrik) sepanjang 24 kilometer dari bandara menuju Jakabaring.
"Semua pembangunan itu didanai oleh APBN serta bantuan pihak ketiga. APBD Sumsel hanya dikisaran Rp8 triliun pertahun. Dana itu hanya sedikit yang digunakan untuk pembebasan lahan terkait Asean Games. Sementara secara keseluruhan APBD kita diprioritaskan untuk pendidikan, kesehatan dan membuka lapangan pekerjaan," tegasnya.
Kendati demikian Alex mengakui, gara-gara mengejar pembangunan untuk Asean Games yang harus rampung dalam dua tahun, sebagian jalan di Kota Palembang banyak yang mengalami kerusakan. Namun semua itu akan segera diperbaiki dalam tempo tiga bulan kedepan. Saya jamin Juni 2018 nanti Palembang akan menjadi kota yang cantik. Sebagai buktinya saya mengajak Bupati OKU, H Kuryana Azis agar membawa warganya untuk menyaksikan Asean Games di Palembang. 
Sementara Bupati OKU, H Kuryana Azis mengatakan, jalan lintas provins melintasi wilayah OKU akan segera diperbaiki. Hal ini membuktikan komitmen yang nyata dari Gubernur Sumsel untuk menuntaskan program-program pembangunan insfrastruktur. Berkualitas secara merata dalam wilayah Prov Sumsel.
"Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur atas kunjungan ke daerah kami," katanya.
(http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.