Banner

Banner
Pemkab OKU

Tekan angka Kecelakaan di Perairan Kemenhub Berikan Pelatihan Transportasi Kepada Masyarakat

BaturajaRadio.com - Kementerian Perhubungan menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) gratis kepada masyarakat untuk memiliki keterampilan bidang transportasi perairan dan daratan, Senin (15/1) di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Palembang.
Sebanyak 120 warga dilatih bagaimana cara mengoperasionalkan kapal dengan baik dan benar. Hal ini guna menekan angka kecelakaan di perairan sekaligus memberikan seritifikasi kepada masyarakat supaya nantinya bisa mengembangkan diri di perusahaan transportasi perairan maupun darat.
Kepala Pusat pengembangan SDM Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Drs Pepen Supendi Yusup, mengatakan, pelatihan ini guna meningkatkan keterampilan masyarakat sektor transportasi perairan dan darat.

Mengingat masyarakat belajar mengendalikan kapal dari turun temurun. Sehingga perlu dilakukan pelatihan guna menambah kecakapan menakhodai kapal.
–– ADVERTISEMENT ––

"Secara skil masyarakat kita sudah biasa mengoprasionalkan kapal, tapi secara teori dan aturan perlu kita ajarakan supaya tau apa apa saja dilakukan saat terjadi insiden," katanya.
Pepen mengatakan, pihaknya mendatangkan dosen dosen terbaik bidang transportasi yang ada BPTTD Palembang. Pelatihan ini diberikan selama 50 jam pelajaran atau selaman satu pekan.
"30 persen teori 70 persen praktek, kita kenalkan juga rambu rambu lalu lintas," katanya.
Masyarakat yang telah mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat, yang bisa digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan di bidang transportasi.
Selain itu, diklat lainnya juga akan diberikan diantaranya pelatihan juru parkir, pengujian kendaraan bermotor, pengaturan lalu lintas dan sebagainya.
"Tahun 2018 ini kita targetkan sebanyak 40.40 orang yang akan kita didik melalui pemberdayaan masyarakat," katanya. (palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.