Header Ads

Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Cumi Asin yang Lezat dan Cepat

Baturajaradio.Butuh sajian yang nikmat sekaligus sehat? Tumis buncis cumi asin bisa dijadikan pilihan. Tumis buncis yang dikolaborasikan dengan cumi asin dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Rasanya yang lezat dan nikmat akan menggugah selera makan anda baik di siang atau malam hari. Tak hanya itu, tumisan ini juga cepat tersaji. Tak memerlukan waktu lama anda sudah bisa menyajikan menu lezat dan enak di meja makan.
Bahan dan bumbu tumis buncis cumi asin mudah dan praktis. Selain hemat, bahan dan bumbunya pun mudah ditemukan. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat tumis buncis cumi asin? Untuk mengetahuinya yuk simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tumis Buncis Cumi Asin yang Lezat dan Cepat

  • 200 gram buncis
  • 1 buah wortel
  • 200 gram jagung putren
  • 50 ml air
  • 100 gram cumi asin
  • 1/2 sendok teh terasi goreng
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 2 buah cabai merah keriting
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tumis Buncis Cumi Asin yang Lezat dan Cepat

Cara Menyiapkan Bahan-BahanTumis Buncis Cumi Asin

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu mengolah buncis. Silahkan ambil buncis yang sudah anda siapkan. Lalu siangi dan cuci sampai bersih. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu. Baru kemudian potong serong dengan ketebalan sesuai selera.
  2. Cuci jagung putren sampai bersih. Kemudian potong tipis serong.
  3. Kupas wortel dan cuci sampai bersih. Lalu iris tipis serong.
  4. Seduh cumi asin yang sudah anda siapkan. Kemudian potong-potong.
  5. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan bersama minyak goreng secukupnya. Setelah minyak goreng panas goreng cumi sebentar.
  6. Iris halus bawang putih. Lalu iris panjang bawang bombay. Iris serong cabai merah keriting.
  7. Haluskan  terasi yang sudah digoreng  sampai benar-benar halus.

Cara Membuat Tumis Buncis Cumi Asin

  1. Siapkan wajan yang akan digunakan untuk menumis buncis. Setelah siap, simpan wajan di atas kompor menyala dengan api sedang. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja. Tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas.
  2. Setelah minyak goreng panas dan meletup-letup, silahkan masukan bawang bombay, bawang putih, cabai merah keriting dan terasi. Aduk merata dan tumis bumbu-bumbu sampai mengeluarkan aroma harum.
  3. Masukan cumi asin yang sudah anda goreng tadi. Aduk-aduk hingga cumi berubah warna. Tambahkan buncis yang sudah dipotong-potong bersama dengan wortel dan jagung putren. Aduk merata hingga semua sayuran setengah layu.
  4. Tambahkan bumbu yang lainnya seperti garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk kembali sampai merata.
  5. Tuangkan air sesuai dengan takaran seperti yang sudah ditentukan di atas, aduk merata. Masak hingga semua bahan-bahan matang dan bumbu meresap. ( Baca juga : Tumis Buncis Petai )
Tumis buncis cumi asin sudah selesai dibuat. Hidangkan dalam keadaan hangat  bersama dengan nasi putih hangat agar lebih nikmat.
Itulah resep dan cara membuat tumis buncis cumi asin. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.(selerasa.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.