Header Ads

Alasan Mantan Perokok Perlu Makan Apel dan Tomat

BaturajaRadio.com - Apakah dulu Anda seorang perokok, dan saat ini sudah menghentikan kebiasaan tersebut? Studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa mengonsumsi apel dan tomat dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada mantan perokok.
Para peneliti melakukan studi tersebut selama satu dekade lamanya. Mereka mengamati pola makan dan fungsi paru-paru lebih dari 650 orang dewasa pada tahun 2002, lalu mengulangi tes yang sama pada kelompok peserta yang sama 10 tahun kemudian. Peserta, yang berasal dari Jerman, Norwegia dan Inggris, tersebut juga diminta untuk mengisi kuesioner tentang diet dan asupan gizi secara keseluruhan, serta menjalani spirometri, sebuah prosedur yang mengukur kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen. Faktor-faktor seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, status sosial, ekonomi, aktivitas fisik, dan asupan energi total juga dipertimbangkan.
Hasilnya, mantan perokok yang menjalani diet tinggi tomat dan buah-buahan segar mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat.
“Hal ini menunjukkan bahwa diet tinggi tomat dan buah-buahan dapat memperlambat proses penuaan pada paru-paru, bahkan jika Anda tak pernah merokok,” kata Vanessa Garcia-Larsen, asisten profesor yang terlibat dalam studi tersebut.
Garcia-Larsen juga yakin bahwa temuan tersebut akan mendorong dicetuskannya rekomendasi diet bagi mereka yang berisiko terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).
PPOK, katanya, sedang meningkat sehingga diet bisa menjadi salah satu cara untuk memberantas diagnosis PPOK di seluruh dunia.
Dr. Alan Mensch, ahli paru-paru dan pernapasan yang tak terkait dengan studi tersebut, percaya bahwa antioksidan yang terdapat pada tomat dan buah-buahan mungkin menjadi salah satu faktor mengapa makanan tersebut dapat membantu fungsi paru-paru.
"Banyak tanaman yang memiliki khasiat obat," kata Mensch. "Kami juga menyadari bahwa diet tinggi buah dan sayuran, seperti diet Mediterania, memiliki efek kesehatan yang menguntungkan karena kaya akan antioksidan." 
Bagi Anda yang sudah berhenti merokok, dan ingin paru-paru yang lebih “plong” serta sehat, tak ada salahnya untuk lebih rutin mengonsumsi apel dan tomat. Anda dapat memasukkannya ke dalam salad atau menjusnya. Jangan lupa, pilihlah apel dan tomat segar, bukan produk kalengan agar efeknya pun lebih optimal. (klikdokter.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.