Header Ads

Minuman Wedang Jahe

Baturajaradio.com - Sebenarnya apa saja sih manfaat wedang jahe bagi kesehatan?

Seperti yang dilansir oleh laman Vemale.com, setidaknya ada 5 manfaat wedang jahe sebagai minuman kesehatan bagi tubuh manusia. Yang pertama adalah mengatasi problem pencernaan, seperti mual dan susah buang air besar. Disarankan untuk mengkonsumsi wedang jahe setelah makan.

Manfaat yang kedua adalah bahwa wedang jahe dapat mengatasi sakit perut. Jika perut Anda terasa begah dan tidak nyaman, cobalah minum secangkir teh jahe atau wedang jahe. Tunggu beberapa menit, reaksinya cukup instan. Selain mengobati sakit perut, wedang jeha juga dapat mengatasi rasa mual akibat menstruasi.

Sebagai minuman kesehatan, wedang jahe dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya suhu tubuh meningkat setelah meminum teha jahe dan tubuh akan mengeluarkan keringat. Saat itulah tubuh mengeluarkan racun bersama dengan keringat. Sehingga tubuh menjadi lebih tahan terhadap beberapa jenis virus penyebab flu dan batuk.

Manfaat terakhir dari wedang jahe sebagai minuman kesehatan adalah mengatasi peradangan. Mulai dari peradangan di dalam rongga mulut, tenggorokan hingga saluran cerna di dalam perut. Selain itu jahe juga bisa dijadian sebagai suntikan energi untuk mengatasi lelah setelah beraktifitas.
Membuat Minuman Sehat Dari Jahe

Minuman sehat berbahan dasar jahe dipadukan dengan bahan-bahan lain memang sudah banyak beredar di pasaran. Dikemas dengan packaging yang menarik dan murah. Tapi kalau bisa membuat wedang jahe sendiri di rumah, kenapa tidak? Berikut ini kami sajikan resep minuman hangat dari jahe yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-bahan:
2 batang serai, iris-iris
1 batang kayu manis
2 lembar daun pandan, iris-iris
2 buah kapulaga
3 buah cengkeh
1 buah pekak/bunga lawang
2 cm jahe, iris tipis
1/2 sdt merica
air secukupnya

Cara Membuat:
Rebus semua bahan dengan air secukupnya hingga mendidih dan air berwarna cokelat pekat seperti teh.
Biasanya juga akan tercium bau wangi dari air rebusan.
Setelah mendidih, matikan api. Saring ke dalam gelas dan tambahkan gula secukupnya.
Wedang pokak siap dnikmati selagi hangat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.