Header Ads

CARA MUDAH MERAWAT CHARGER HANDPHONE AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

Baturajaradio.com - Tidak bisa dipungkiri, setelah pulsa, charger adalah komponen penting dalam penggunaan handphone. Sayangnya, terkadang banyak sekali pengguna handphone yang tidak menggunakan charger-nya dengan baik dan benar, serta tidak memedulikan perawatannya. Hal ini menyebabkan kerusakan charger sering terjadi. Padahal merawat charger sama pentingnya dengan merawat handphone.

Memang harga charger di pasaran sekarang cenderung murah. Tapi bukan berarti Anda boleh seenaknya dalam mempergunakan charger. Bagaimanapun juga, tidak ada orang yang ingin charger-nya cepat rusak.

Berikut 5 cara mudah untuk merawat charger agar tidak cepat rusak dan tahan lama:

Jika sedang charging:
1. Sesuaikan jenis charger dengan jenis handphone dan kapasitas baterainya.
2.  Charge handphone Anda dalam keadaan tidak aktif. Dengan begitu, proses charging akan lebih cepat dan efektif.
3.  Pastikan posisi charger pada stopkontak/ colokan harus mulus, pas atau tidak longgar untuk menghindari panas berlebih yang bisa merusak charger.
4. Jika bar petunjuk baterai pada handphone sudah berhenti bergerak atau muncul keterangan bahwa baterai sudah penuh, segera cabut charger. Bila tidak dicabut, bukan hanya charger yang rusak, tapi juga baterai handphone
5.  Awasi proses charging handphone, jangan ditinggal dalam waktu lama.

Jika tidak sedang charging:

1.   Jika sedang tidak digunakan, lepaskan charger dari stopkontak dan simpan.
2. Gulung kabel charger dengan tidak melilitkannya pada badan charger. Tapi dengan menyatukan kabelnya dalam simpul kecil dan mengikatnya dengan karet agar tidak berceceran.
3.  Jangan mengikat kabel charger terlalu kencang karena bisa menyebabkan serabut kawat di dalamnya rusak atau putus.
4. Hindari meletakkan charger di tempat tinggi (agar tidak jatuh, retak atau pecah) dan jauhkan dari jangkauan air dan makanan.
5.  Bila Anda adalah pengguna handphone yang aktif, lebih baik sediakan charger tambahan di rumah atau kantor. Sediakan juga charger portable atau power bank jika Anda sering bepergian. Hindari meminjam charger milik orang lain karena belum tentu sesuai dengan jenis handphonedan kapasitas baterai Anda.
(https://seetawrites.wordpress.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.