Banner

Banner
Pemkab OKU

Menag ajak umat shalat gerhana bulan


Baturaja Radio - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan Shalat Khusuf saat terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada Rabu (31/1).

"Kami di Kemenag telah menyebarluaskan imbauan sebaiknya umat Islam sholat sunnah saat gerhana bulan," kata Lukman di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan Kemenag juga telah menyebarluaskan tata cara Shalat Khusuf tersebut sebagaimana telah diumumkan melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati peristiwa gerhana bulan total tersebut. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 18.48 WIB, 19.48 WITA atau 20.48 WIT. 

Puncak waktu gerhana bulan itu akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan berakhir jam 22.11 WIB.

Muhammadiyah mengatakan Kementerian Agama telah menerbitkan seruan kepada para jajaran Kemenag dan masyarakat untuk melaksanakan shalat gerhana di wilayah masing-masing.

"Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing," kata dia.

Berikut ini tata cara Shalat Khusuf:

1. Berniat di dalam hati.

2. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa.

3. Membaca doa iftitah dan bertaawudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang sambil dikeraskan suaranya, bukan lirih.

4. Ruku`.

5. Bangkit dari ruku` (i`tidal).

6. Setelah i`tidal ini tidak langsung sujud, tapi dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.

7. Ruku` kembali (ruku` kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku` sebelumnya.

8. Bangkit dari ruku (i`tidal).

9. Sujud yang panjangnya sebagaimana ruku`, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.

10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama, hanya bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.

11. Salam.

Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar dan bersedekah. (antaranews)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.