Header Ads

Tips Cerdas Untuk Menjaga Kesehatan Anak Balita Sejak Dini

Baturajaradio.com - Pada usia balita, anak-anak sangat rentan terkena berbagai macam infeksi penyakit. Hal ini karena sistem imun anak masih lemah dan belum sepenuhnya bisa berfungsi dengan baik. Dalam hal ini peran penting Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan anak balita sejak dini. TIdak bia dipungkiri bahwa kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang akan berdampak terhadap tumbuh kembang anak.
Kesehatan anak usia dini sangat perlu mendapat perhatian serius karena berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya. Cara sederhana untuk menjaga kesehatan anak usia dini yaitu dengan mulai menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan dan memberikan asupan makanan bergizi seimbang. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh si kecil perlahan-lahan akan terbentuk dengan baik sehingga mampu melawan kuman dan virus penyebab penyakit.
Langkah pertama dalam menjaga kesehatan anak yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Lengkapi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan pada tahap perkembangan si kecil seperti vitamin, protein, kalsium, mineral dan nutrisi penting lainnya. Makanan bergizi untuk si kecil tidak perlu mahal, yang teropenting bisa melengkapi semua kebutuhan nutrisinya.
Biasakan supaya si kecil memiliki waktu istirahat yang cukup. Pada siang hari sebaiknya Anda menjadwalkan waktu tidur untuk si kecil minimal satu jam. Waktu istirahat yang cukup sangat berguna untuk membentuk sistem imun si kecil supaya tidak mudah sakit.
Jaga selalu kebersihan si kecil baik itu dari segi kebersihan badan, pakaian dan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, Ajarkan juga pada si kecil untuk membiasakan hidup bersih dengan cara mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air dan setelah bermain. Lingkungan tempat tinggal si kecil seperti kamar tidur perlu mendapat perhatian yang serius. Usahakan supaya kamar si kecil selalu dalam keadaan mbersih dan tidak lembab.
Berikan asupan buah dan sayur untuk si kecil. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan atau sayuran sangat efektif untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang menunjang kesehatan si kecil. Disamping itu, kandungan antioksidan sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.
Ajaklah si kecil berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Jenis olahraga untuk anak tidak perlu olahraga berat. Anda bisa mengajak si kecil untuk jalan kaki santai, jogging atau bersepeda santai. Dengan begitu secara perlahan sistem imun si kecil akan meningkat sehingga tidak akan mudah sakit.
Selain melakukan beberapa hal diatas, sebaiknya Anda rutin memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter. Hal ini untuk memantau dan mencegah masalah kesehatan yang bisa mengganggu perkembangannya.
Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan si kecil. Semoga tips sehat yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang memiliki anak balita.
(http://www.solusisehatku.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.