Header Ads

Tarif Listrik dan BBM Tak Naik, Apa Keuangan Pertamina dan PLN Masih Aman?

BaturajaRadio.com - Pemerintah memutuskan bahwa tarif listrik dan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar tidak naik dalam periode 1 Januari 2018 sampai 31 Maret 2018. Penetapan tarif ini pun diklaim tidak mempengaruhi PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).
Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, harga minyak dunia memang di tahun ini mengalami kenaikan. Seperti di November crude mencapai USD50 per barel atau lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di 2016 sebesar USD38 per berel.
"Tapi kita akan lihat ini di 2018. Apakah dia naik atau tidak,"ujarnya, di Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/12/2017).
Meski demikian, Elia mengaku, secara cash flow perseroan masih bisa menjalankan penjualan bensin meski tidak ada kenaikan selama tiga bulan ke depan.
"Tahun ini secara finansial Pertamina masih membukukan laba, bahkan kemarin kan laba di USD1,9 hampir USD2 miliar. Cash flow, tidka ada gangguan,"tuturnya.
Hal senada juga disampaikan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir. Menurut Sofyan, pada prinsipnya perseoran memahami keinginan pemerintah untuk tidak menaikan tarif dalam tiga periode ke depan.(okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.