Header Ads

Merawat Ban Motor Yang Baik


Baturajaradio.com - Beberapa bagian vital yang perlu di perhatikan pada sepeda motor anda adalah bagian Ban Motor. Ban motor yang memiliki kondisi baik dan stabil akan membuat perjalanan anda semakin nayamna dan aman, sehingga terhindar dari kecelakaan akibat konsdisi sepeda motor yang buruk. Banyak kecelakaan di sebabkan ban motor yang tidak terawat, seperti tekanan ban yang kurang sehingga mudah tergelincir, ban yang sudah tipis pada bagian polanya dan lainnya.
perawatan ban motor juga tidak begitu sulit dan dapat di terapkan bagi siapapun yang ingin membuat ban motor awet dan tentunya juga semakin aman di jalan.


Perhatikan uraian di bawah ini untuk mengetahui tips merawat ban motor yang baik :
  1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah cek terlebih dahulu tenkanan angina yang di miliki oleh ban sepeda motor anda, kurang lebih sekitar 2 minggu sekali untuk pengecekannya, tapi untuk lebih amannya cek setiap anda ingin bepergian. Jika tekanan angina kurang segeralah isi angina ban agar tetap dalam kondisi baik.
  2. Hindari juga ban motor dari lubang – lubang yang ada di jalan, jangan lewati lubang yang akan membuat kondisi ban menjadi buruk. Biasanya saat musim penghujan ini banyak lubang yang ada di jalan. Jika terpaksa melewati lubang, lewati dengan kecepatan rendah.
  3. Tetap perhatikan cara berkendara anda, biasanya factor pengedara akan menjadi acuan ban cepat rusak atau tidak.
  4. Jangan membawa barang dengan muatan yang lebih sehingga ban akan cepat rusak akibat beban yang terlalu berlebihan.
  5. Perhatikan kedalam alur ban sepeda motor. Alur ban motor amat sangat penting, jika alur ban motor masih bagus maka cengkraman ban dengan jalan akan nyaman dan tidak akan licin, jika alur ban sudah mulai tipis, cepatlah ganti dengan ban yang baru agar tidak licin saat di jalan yang beck atau saat hujan.
Keselamatan memang menjadi hal mutal yang harus di perhatikan saat berkendara dengan sepeda motor, jangan sampai nyawa kita melawayang akibat kelalaian kita sendiri. Periksalah kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalan agar tetap dalam kondisi yang baik. Semoga tips merawat ban ini dapat bermanfaat. Tetep tongkrongin motorsiana.com untuk berita seputar motor lainnya. 
(http://www.motorsiana.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.