Header Ads

Fadli Zon: RI Harus Lebih Tegas dari Negara Lain soal Yerusalem


Baturajaradio.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Fadli meminta Indonesia bersikap tegas menolak pernyataan Trump.

"Itu harus diprotes keras, konkretnya menurut saya sebagai negara Muslim terbesar di dunia Indonesia harus menunjukkan sikap yang lebih tegas ketimbang negara-negara lain," kata Fadli di Jl Tarumanagara, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (8/12/2017).



Menurut Fadli, sikap tegas itu bisa ditunjukkan dalam berbagai forum internasional. Fadli menilai, pernyataan Trump itu bisa menimbulkan konflik baru.


"Saya kira harus mengeluarkan sikap yang lebih tegas di berbagai forum internasional termasuk kepada pihak Amerika sendiri. Saya kira, pernyataan Trump ini adalah pernyataan yang sangat berbahaya dan bisa memicu konflik baru di sana," imbuh Waketum Gerindra ini.


Fadli enggan mengomentari terkait kemungkinan pemutusan hubungan diplomatik antara Indonesia-AS. Menurutnya, hal tersebut harus dikaji.

"Mungkin harus dikaji kalau itu, karena kita juga punya banyak kepentingan," papar Fadli.



Sebelumnya, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menggelar sidang darurat hari ini, guna membahas klaim sepihak AS bahwa Yerusalem adalah Ibu Kota Israel. Indonesia menyatakan sidang darurat DK PBB itu adalah buah dari upaya Indonesia memperjuangkan isu ini.

"Jadi untuk komite Palestina di PBB sudah ada press statement (pernyataan pers) dalam bentuk rilis yang disampaikan, yang antara lain itu adalah upaya Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12).

(https://news.detik.com) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.