Banner

Banner
Pemkab OKU

Khasiat dan Manfaat Daging Ayam + Resep Ayam Cabe Ijo

baturajaradio.comKhasiat dan Manfaat Daging Ayam + Resep Ayam Cabe Ijo

Khasiat dan Manfaat Daging Ayam:

1. Mencegah anemia

Kandungan bezi dalam daging unggas cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bersama, zat besi merupakan penyusun utama sel-sel darah merah. Dengan demikian, konsumsi daging akan membuat kadar trombosit dalam tubuh stabil sehingga terhindar dari anemia.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Adanya kandungan mineral yang terdapat dalam daging bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jelas, dalam hal ini kita menjadi tak mudah terserang berbagai macam penyakit seperti flu, sakit mata, demam, dll.

3. Mempertahankan keseimbangan kolesterol

Adanya zat niacin dalam daging mampu turunkan kadar kolesterol jahat penyebab jantung koroner. Asalkan dalam proses pegolahannya dengan cara-cara yang sehat seperti direbus dan dikukus. Selain itu, sedapat mungkin bagian daging yang diambil adalah bagian yang kadar lemaknya paling rendah.

4. Memperkuat tulang

Kandunga mineral kalsium yang terdapat dalam daging termasuk tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan tulang sekaligus menyediakan cadangan kalsium di tubuh.

5. Bagus untuk tumbuh kembang anak

Masih berkaitan dengan kandungan kalsium dan fosfor, kedua zat tersebut sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Apalagi masa anak-anak, perkembangan tulangnya sedang begitu aktif sehingga kebutuhan mineral kalsium dan fosfor juga tinggi.

6. Meningkatkan nafsu makan

Kelezatan daging ayam sudah tak diragukan lagi oleh kita semua. Mulai dari masakan yang sederhana sampai yang unik, misalnya ayam goreng, sate, sup, dll. Hampir semua orang, dari anak-anak sampai orang tua menyukai masakan olahan daging unggas ini.

7. Penghilang stress

Zat yang berperan penting dalam menghilangkan stress, yaitu vitamin B5 atau asam pantotenat. Zat ini memberi efek tenang pada sel-sel syaraf manusia. Hal ini bisa dibuktikan dengan mengkonsumsi sup ayam pada saat Anda merasa suntuk.

8. Meningkatkan sistem imun

Zat yang berperan meningkatkan sistem imun tubuh yaitu vitamin dan mineral. Dengan demikian, tubuh kita tak mudah terserang infeksi berbagai macam penyakit.

9. Mengurangi risiko radang sendi (arthritis)

Pada daging ayam, kandungan zat Selenium cukup tinggi sehingga bisa mencegah sakit di bagian-bagian persendian. Itulah kenapa daging unggas ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sudah berumur lanjut.

10. Menjaga kesehatan gigi

Fosfor yang terkandung di dalamnya, bagus untuk menjaga kesehatan gigi serta tulang supaya tak mudah alami kerusakan.

11. Memperlancar metabolisme tubuh

Senyawa vitamin B kompleks yang ada di dalam daging akan mengaktifkan kinerja enzim-enzim yang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar akan menjaga kesehatan jaringan pembuluh darah, pembakaran kalori, dan sumber energi. Metabolisme tubuh yang lancar juga berefek menstabilkan dan mengidealkan berat badan.

12. Mencegah kanker

Kandungan niacin pada daging unggas mampu mencegah kanker sekaligus menghindari terjadinya kerusakan sel-sel DNA pencetus kanker.

13. Mencegah serangan jantung

Berkat zat niacin yang terkandung di dalamnya, kadar kolesterol jahat dan baik seimbang sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Namun, harus perhatikan proses pengolahannya yang harus seminimal mungkin mengandung banyak lemak.

14. Menambah massa otot

Atlet binaragawan terbiasa mengkonsumsi rebusan daging ayam dalam menu diet sehatnya. Dengan komposisi gizi yang tepat, massa otot pun bisa bertambah secara proporsional.

15. Sebagai sumber pembangun tubuh

Daging unggas ini merupakan sumber protein tinggi yang bagus untuk memperbaiki sel-sel rusak sekaligus tumbuh kembang berbagai jaringan dan organ.

16. Kandungan zat kimiawi beracun dalam daging sangat rendah

17. Kualitas gizi lebih tinggi

18. Kandungan lemak sangat minim

19. Kandungan proteinnya berkualitas tinggi

20. Rasa daging kenyal dan lebih gurih
Sumber: khasiat.co.id

Resep Ayam Cabe Ijo

Gurihnya daging ayam berpadu dengan pedas dan aroma khas cabe ijo, tentu akan menggoda selera makan keluarga anda. Cara pengolahan masakan ini sangat praktis, sangat pas bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, cuci bersih, potong 8 bagian
1 sdm air jeruk nipis
2 sdt garam
3 sdm minyak goreng untuk menumis
2 lembar daun jeruk
1 buah serai, memarkan pangkalnya

Bumbu Halus:

8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
10 buah cabai hijau besar
5 buah cabai rawit hijau
3 cm jahe
2 cm kunyit
3 butir kemiri
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat: 

Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan, niarkan selama 15 menit. Goreng ayam dalam minyak banyak hingga kuning kecokelatan.
Tumis seluruh bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun jeruk dan serai. Kemudian masukkan ayam goreng. Aduk hingga bumbu cabai hijau merata. Sajikan hangat.

Anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasan resep ayam cabe ijo ini dengan selera anda. Cabe ijo besar pada dasarnya tidak pedas, hanya memberikan aroma langu khas cabe ijo. Rasa pedas didapat dari cabe rawit yang digunakan, jadi untuk mendapatkan rasa pedas yang sesuai dengan selera anda, sesuaikanlah penggunaan cabe rawit. Selamat mencoba.
Sumber: simomot.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.