Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

HEBOH! LOMBA PERAHU DAYUNG TUTUP TAHUN

baturajaradio.com - Kehebohan terjadi di pinggiran Sungai Ogan, Kota Baturaja. Ini lantaran antusiasme masyarakat menyaksikan lomba perahu dayung yang digelar Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Minggu (31/12) pagi.

Tingginya animo masyarakat ini membuat Bupati OKU H Kuryana Azis akan membuat lomba tersebut menjadi agenda tahunan.

"Ternyata animo warga sangat baik, bahkan setiap kecamatan yang ada di OKU bersedia mengirimkan warga-warga terbaiknya untuk ikut serta dalam kegiatan lomba perahu dayung yang pertama kali digelar secara besar ini. Bahkan panitia kelabakan dengan membeludaknya peserta jika tidak dibatasi," kata Kuryana saat membuka lomba perahu dayung di gedung sanggar Pramuka Minggu (31/12).

Menurut Kuryana, lomba ini digelar bukan hanya untuk memeriahkan akhir tahun saja, tapi tujuannya untuk menyatukan OKU. Dalam artian dalam 13 kecamatan, ada banyak suku. Karena itu Kuryana menginginkan kerukunan antar suku akan terjalin dalam kegiatan tersebut.

"Jangan memandang hadiah, karena hadiahnya tidak seberapa, yang terpenting tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memupuk rasa kebersamaan. Sekalian juga untuk menyatukan seluruh suku yang ada di OKU mulai dari Ulu dan Ilir," jelas Kuryana.

Seperti disebut diatas, nantinya kegiatan ini akan diagendakan jadi agenda tahunan kabupaten OKU.

"ini bukan ajang hura-hura tapi ini ajang dari rakyat untuk rakyat, mudah-mudahan semua berjalan lancar dan akan kita buat kegiatan ini jadi piala bergilir Bupati OKU," pungkas Kuryana.

Sementara itu ketua Pelaksana yang juga menjabat sebagai Asisten II Setda OKU Fahrudin Rozi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 109 peserta yang terdiri dari 96 putra dan 13 putri.

Dengan rincian dari Instansi pemerintahan ada 40 tim putra dan 4 tim putri. Dari kecamatan 56 tim putra dan 9 tim putri.

Perlombaan tersebut memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 4,5 juta, juara kedua Rp 3 juta, juara ketiga Rp 2,5 juta, serta juara harapan Rp 1 juta.

"Pelaksanaan ini bermula ketika Bupati OKU mengeluarkan surat perintah untuk melaksanakan kegiatan lomba perahu dayung tingkat Kabupaten. Kemudian keluar lagi surat edaran Bupati sehingga kegiatan ini dilaksanakan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama sungai serta menumbuhkan solidaritas warga antar kecamatan dan masyarakat lainnya," ujarnya.

Pantauan di lapangan kegiatan tersebut berlangsung dari Jembatan Ogan III dan finis di Jembatan Ogan I. (rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.