Header Ads

BPBD OKU Siapkan Posko Antisipasi Bencana

Baturajaradio.comAntisipasi bencana alam yang sering terjadi saat ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU) menyiapkan posko siaga bencana.
Diketahui, posko siaga bencana ini telah disiapkan sejak September lalu dan akan disiagakan hingga akhir tahun mendatang.
"Pendirian posko siaga bencana ini merupakan Intruksi dari provinsi yang memerintahkan siaga sampai akhir tahun. Jadi kita ikuti,” ucap Kepala BPBD OKU Hemni Rusdi S melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Salimin, Saat dibincangi portal ini, rabu (06/12).
Sejauh ini, terang dia, pihaknya belum menerima adanya laporan kejadian bencana alam yang berskala besar. Namun meskipun OKU dinilai bukan daerah rawan bencana.
Dengan masih tingginya potensi curah hujan saat ini mengharuskan pihaknya tetap mengedepankan kesiagaan bencana. Apalagi sambung dia, dari laporan pihak BMKG, curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi Desember ini, Sementara, di awal tahun intensitas curah hujan mulai menurun.
"Namun prediksi tersebut tak bisa jadi patokan. Apalagi sejak 2008 iklim cuaca sulit diperkirakan. Tak jarang perkiraan BMKG pun kadang meleset,” ungkapnya.
Dijelaskannya, ada tiga bahaya bencana mulai dari rawan banjir, erosi dan rawan longsor sedang. Untuk rawan banjir sendiri meliputi Kecamatan Peninjauan, Lubuk Batang, Semidang Aji, Pengandonan dan Sinar Peninjauan. 
Sedangkan erosi meliputi, Kecamatan Baturaja Barat, Timur, Lengkiti, Lubuk Batang dan Peninjauan, serta rawan longsor sedang di Ulu Ogan, Lengkiti dan Baturaja Barat. Dilanjutkannya, untuk antisipasi pihaknya segera menyebar informasi ke kecamatan yang menjadi titik rawan banjir, longsor dan erosi. (detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.