Header Ads

BMKG: Siklon Dahlia Mulai Jauhi Wilayah Indonesia

Baturajaradio.com  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan gambaran terkini mengenai Siklon Tropis Dahlia. Diperkirakan pada Ahad (3/12) badai tersebut akan bergerak dari selatan kearah tenggara dengan kecepatan 8 km/jam menjauhi wilayah Indonesia. Berdasarkan keterangan yang diterima oleh Republika, posisi Badai Dahlia pada pukul 01:00 WIB dini hari tadi berada di sebelah selatan Jawa Timur atau 388 km selatan Pacitan. Badai tersebut memiliki kekuatan 65 km/jam.

Esok hari, Senin (4/12) diperkirakan badai akan berada pada jarak sekitar 760 km sebelah selatan Pacitan. Badai tersebut akan terus bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 18 km/jam. Prakirawan BMKG dalam siaran tersebut memberikan beberapa himbauan bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah selatan Indonesia agar berhati-hati dengan dampak badai Dahlia ini.

Badai Dahlia akan menyebabkan gelombang kaut dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter di Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten Jawa Barat, Perairan Selatan Jawa Tengah Jawa Timur, Perairan Selatan Bali Lombok, Selat Bali Lombok Alas Bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Bali hingga Lombok.

Selain itu, gelombang laut dengan ketinggian 4 hingga 6 meter akan terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Hujan dengan kapasitas sedang hingga lebat juga akan terjadi di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knot juga akan terjadi di wilayah yang sama, untuk Jawa Timur khususnya bagian barat dan selatan.  (republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.