Banner

Banner
Pemkab OKU

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Menhub Keluarkan Instruksi Menteri


Baturajaradio.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeluarkan instruksi menteri untuk mengantisipasi cuaca ekstrem pada saat libur akhir tahun. Instruksi menteri ini dikeluarkan untuk panduan bagi maskapai penerbangan.

"Cuaca ekstrem kita menyadari badai yang namanya cantik itu ada Cempaka, Mawar, Dahlia, dan sebagainya. Cantik tapi bahaya, maka kita juga sudah mengeluarkan Instruksi Menteri (IM) Nomor 16 Tahun 2017 untuk memberikan guidance (panduan) kepada maskapai penerbangan kepada seluruh operator," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Selasa (19/12/2017).


Agus juga meminta masyarakat bersabar jika sewaktu-waktu ada penundaan penerbangan saat terjadi cuaca ekstrem. Delay penerbangan dilakukan untuk mengutamakan keselamatan.


Pada saat yang sama, Agus juga mengimbau seluruh operator maskapai tidak memaksakan penerbangan saat cuaca ekstrem. Imbauan ini ada dalam instruksi menteri yang dibuat Kemenhub.



"Kepada seluruh operator jangan terlalu mengandalkan harus profit atau harus terbang pada saatnya. Jangan karena cuaca ini nggak bisa, (tapi) terus dilawan," jelas Agus.

"Jika cuaca buruk kita harus tunda dan mundur sedikit, jangan paksakan terbang. Selain itu, tidak boleh mendarat manakala ada genangan dan sebagainya, ini merupakan guidance dari Instruksi Menteri (IM) Nomor 16 tersebut," sambung dia. 

(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.