Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pilihan Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan Selain ASI

Baturajaradio.com - Makanan sehat untuk bayi 6 bulan dapat diberikan kepada bayi sebagai pendamping ASI eksklusif. Sedangkan saat masih berusia 1-6 bulan, cukup ASI saja sebagai makanan utama bayi, yang sangat penting untuk meningkatkan imunitas bayi. Makanan pendamping ASI hendaknya yang sehat dan bernutrisi, dalam bentuk bubur karena sistem pencernaan bayi masih belum optimal.

Sebelum bayi dapat makan dalam jumlah normal, hendaknya tetap diberikan ASI, baru setelah mulai dapat makan dalam jumlah normal, asupan ASI mulai dikurangi sedikit demi sedikit. Sebaiknya meningkatkan jumlah asupan makanan selain ASI dilakukan perlahan, jangan tiba-tiba dalam jumlah banyak, supaya pencernaannya mampu beradaptasi dengan baik. Bayi juga seringkali sulit untuk disuapi, tapi seperti itulah normalnya, mungkin si buah hati sudah merasa kenyang dengan makanan barunya, jangan dipaksa jika buah hati Anda menolaknya.

Membuat Sendiri Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan Secara Mudah

Selain mengonsumsi ASI, bayi yang usianya sudah enam bulan atau sudah lebih dari enam bulan disarankan agar juga mengonsumsi beberapa jenis makanan pendukung ASI lainnya. Cara yang paling mudah mungkin adalah dengan membeli makanan-makanan untuk bayi di toko atau supermarket. Akan tetapi supaya lebih aman dan sehat, mungkin Anda perlu mengganti makanan-makanan instan tersebut dengan makanan yang lebih alami. Pada saat bayi sudah mulai memasuki usia enam bulan, makanan pendamping ASI dibutuhkan supaya selanjutnya bayi bisa menyesuaikan diri dengan jenis-jenis makanan lain yang lebih padat. Dan untuk hal tersebut, bayi hanya disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut dimulai dengan porsi kurang lebih 1 sendok makan per sekali makan.

Jenis makanan untuk bayi yang sejak dulu selalu dianjurkan dari masa ke masa adalah bubur susu. Segala makanan yang dikonsumsi bayi pun biasanya selalu berupa bubur. Saat mengonsumsi buah pun pasti buahnya dilembutkan terlebih dahulu supaya mudah ditelan dan dicerna oleh bayi. Berikut ini kami akan memberikan beberapa resep sederhana membuat bubur untuk bayi supaya Anda bisa mengurangi konsumsi bubur instan untuk bayi Anda.

1. Bubur Susu

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan bahwa bubur susu adalah salah satu makanan sehat untuk bayi 6 bulan sebagai pendamping ASI. Jenis makanan ini adalah jenis makanan padat pertama yang sebaiknya diberikan kepada bayi. Lalu bagaimana cara pembuatannya? Cara poembuatannya mudah, yang Anda butuhkan adalah tepung beras sebanyak 1 sendok makan, dan susu formula sebanyak kurang lebih 200 ml. Kemudian larutkalah tepung beras tersebut dengan menggunakan susu formula. Masaklah dengan api kecil hingga sedikit mendidih, hingga campuran tersebut agak kental. Jika ada tepung yang menggumpal, saring terlebih dahulu.

2. Bubur Susu Kentang

Sebagai variasi makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang lainnya, Anda bisa mengganti bubur susu dengan kentang. Variasi makanan pada bayi cukup disarankan agar bayi tidak merasa bosan karena selalu mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Bahan pembuatannya adalah 50 gram kentang yang sudah dikupas dan dikukus serta sudah dipotong-potong kecil. Kemudian sediakan juga susu formula atau lebih baik menggunakan ASI (50 ml). Cara pembuatannya juga mudah. Pertama haluskan kentang yang sudah dicampur dengan sedikit susu dengan menggunakan blender. Baru setelah itu tambahkan susu yang tersisa dan bubur siap dihidangkan. Sama seperti cara pembuatan bubur susu, supaya tidak ada gumpalan sebaikya setelah diblender Anda saring terlebih dahulu.


3. Bubur Sayur

Bayi juga butuh mengonsumsi berbagai jenis sayur untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Dan bubur sayur adalah salah satu jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang bisa Anda coba buat karena cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya membutuhkan kurang lebih 50 gram brokoli yang dikukus dan sudah dipotong-potong. Kemudian sediakan juga sekitar 5 sdm susu baik susu formula ataupun ASI. Cara membuatannya pun sama dengan cara pembuatan bubur bayi sebelumnya. Haluskan bahan utamanya yang sudah dicampur susu dengan blender, lalu campurkan dengan susu yang tersisa. Sebagai variasi makanannya, Anda mungkin bisa mengganti brokoli dengan sayuran lainnya seperti kangkung, wortel, bayam, daun sawi, dan sebagainya.

4. Bubur Buah

Selain sayur, bayi tentunya juga membutuhkan berbagai asupan vitamin yang bisa ia dapatkan dari buah. Akan tetapi tentunya bayi tidak bisa mengonsumsi buah secara langsung seperti orang dewasa. Maka dari itu makanan sehat untuk bayi 6 bulan selain bubur sayur adalah bubur buah yang tentunya dibuat dari buah. Buah yang disarankan adalah pisang Ambon. Maka dari itu sediakan sekitar 50 gram atau satu buah pisang Ambon yang telah dikupas dan dipotong-potong. Haluskan pisang yang sudah dicampur dengan sedikit susu menggunakan blender. Barulah setelah itu sajikan dan tambahkan sisa susu formulanya. Ada beberapa jenis buah lain yang bisa Anda jadikan variasi makanan sehat untuk bayi 6 bulan, yaitu mangga, pepaya, atau apel.
Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Bayi 6 Bulan

Tidak terlalu sulit bukan cara membuat makanan sehat untuk bayi 6 bulan? Nah, selain mengetahui beberapa cara membuat bubur susu yang tadi sudah kami jelaskan, Anda juga harus mengenali dan mengetahui asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi Anda selain ASI sehingga nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya bisa tercukupi. Beberapa jenis nutrisi tersebut akan kami jelaskan berikut ini.
Protein

Protein jelas sangat dibutuhkan oleh bayi Anda sebagai zat yang bisa memelihara sekaligus membantu memperbaiki jaringan tubuh. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda bisa mencampurkan ayam giling atau daging sapi giling ke bubur yang Anda buat untuk bayi Anda.

1. Lemak

Di dalam makanan sehat untuk bayi 6 bulan, bayi juga membutuhkan asaml emak esensial yang harus dipenuhi untuk kepentingan perkembangan bayi Anda. Selain itu lemak juga akan bermanfaat sebagai sumber energi bagi si bayi.

2. Karbohidrat

Karbohidrat jelassangat penting bagi bayi sebagai zat yang bisa menyediakan energi di dalam tubuh. Dalam sehari bayi Anda membutuhkan sekitar 68,75 gram – 89,39 gram karbohidrat yang bisa Anda dapatkan dari beras putih atau beras merah.

Nah, itu tadi adalah penjelasan kami mengenai beberapa jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan dan bagaimana cara pembuatannya. Jenis makanan tersebut tentunya lebih disarankan bagi Anda ketimbang menggunakan bubur instan yang biasa Anda beli di warung atau toko. Selain itu pastikan juga bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Demikian informasi singkat yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. (dedaunan.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.