Header Ads

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tidak Rentan Penyakit

BaturajaRadio.com - Musim hujan sudah tiba nih, biasanya pergantian dari musim kemarau ke musim hujan biasanya membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Ini disebabkan tubuh kita dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang tentunya berbeda dari sebelumnya.
Flu adalah salah satu penyakit yang pada umumnya terjadi dan bisa saja dialami oleh siapa saja, termasuk kamu. Selain flu, ada pula batuk, sesak nafas, masuk angin, penyakit kulit atau bahkan demam berdarah. Pada artikel ini akan kami bahas bagaimana cara dan tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

Konsumsi Vitamin C yang Cukup

Saat pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, tubuh tidak akan langsung bisa menyesuaikannya, tetapi harus melalui proses terlebih dahulu. Saat proses inilah kondisi tubuh akan melemah dan mempengaruhi sistem imun dalam tubuh, sehingga kekebalan pun akan menjadi menurun. Saat tubuh dalam kondisi seperti ini, vitamin C sangat kamu perlukan. Solusinya, kamu bisa mengkonsumsi vitamin C secara rutin dari kandungan buah-buahan, sayuran atau minuman bervitamin C tinggi.


Bersihkan Lingkungan yang Rawan Kuman dan Bakteri

Hujan bisa menyebabkan lingkungan di sekitar kita menjadi kotor. Hal ini disebabkan karena kelembapan udara yang lebih tinggi hingga membuat sampah lebih cepat membusuk dan menjadi sumber kuman. Penting bagi kamu untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri yang berkembang biak.




Menjaga Asupan Makanan Sehat Agar Lebih Fit




Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan sehat, terutama yang hangat dan berkuah agar tubuh tetap terasa hangat meskipun udara menjadi lebih dingin. Makanan sehat tersebut misalnya adalah sup kuah, sayuran berkuah, soto atau makanan berkuah lainnya. Jangan lupa untuk tetap memakan buah-buahan ya.




Istirahat atau Tidur yang Cukup dan Jangan Berlebihan




Saat musim penghujan tiba, beristirahat atau tidurlah yang cukup, jangan berlebihan walaupun udara dingin sebenarnya juga mengundang rasa kantuk. Istirahat yang berlebihan justru akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, jangan tidur terlalu malam agar tubuh lebih cepat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.




Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat


Pakaian juga tidak bisa luput dari perhatianmu. Tentunya baju berbahan tipis dan transparan kurang cocok untuk kamu kenakan saat musim dingin terutama saat di luar ruangan. Gunakan pakaian yang lebih tebal dan tertutup agar tubuh tetap terasa hangat.
Selain pakaian, lengkapi juga kebutuhanmu saat musim hujan. Misalnya Payung,Sandal Hujan, Sepatu boots, kaos kaki, jas hujan atau perlengkapan hujan lainnya. Pilih perlengkapan musim hujan yang sesuai selera kamu, namun kamu harus tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan tanpa banyak mengganggu aktivitas.
Yuk, persiapkan musim hujan dari sekarang,semoga tips ini bermanfaat.(blog.bukalapak.com)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.