Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Rutin Minum Air Hangat, Ini Manfaatnya

Baturajaradio.com - Banyak orang mengawali aktivitas bangun paginya dengan minum air dingin. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih tersisa. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi air hangat lebih baik ketimbang air dingin?
Stella Metsovas, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa minum air hangat di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
“Dokter merekomendasikan minum air hangat di pagi hari, biasanya dengan rendaman lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh. Minum air hangat meningkatkan pengencangan usus dan mengatur pergerakan usus,” kata Metsovas.
Berikut ini lima manfaat lainnya dari minum air hangat di pagi hari:
  • Mencegah penuaan dini
Tidak ada yang mau menua secara prematur. Namun, kehadiran racun dalam tubuh bisa membuat penuaan datang lebih cepat. Ketika tubuh Anda menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan.
Air hangat bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Air hangat juga bisa membantu memperbaiki sel sehingga menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.
  • Mengurangi kram
Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa kram saat menstruasi adalah air hangat. Selain itu, air hangat efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu menenangkan otot-otot tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan
Air hangat meningkatkan suhu tubuh yang pada gilirannya akan meningkatkan level metabolisme di dalam tubuh. Naiknya aktivitas metabolik ini memberikan tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori.
Jika Anda memulai hari dengan meminum segelas air hangat dicampur lemon, hal ini akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa (lemak tubuh). Di samping itu, air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan karena lemon mengandung serat pektin.
  • Memperbaiki sistem pencernaan
Sistem pencernaan akan berjalan dengan baik saat Anda mengonsumsi air hangat di pagi hari. Untuk diketahui, minum air dingin setelah makan adalah sesuatu yang kontraproduktif.
Air dingin mengeraskan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja Anda makan. Tentunya, hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan menjadi lebih sulit bekerja.
  • Meningkatkan sirkulasi darah
Akumulasi deposit di sistem saraf dan timbunan lemak di tubuh dapat dieliminasi saat Anda meminum segelas air hangat.
Proses ini membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh, yang kemudian membantu sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, air hangat juga dipercaya dapat membantu melonggarkan otot.
Meski terlihat seperti aktivitas yang sederhana, faktanya konsumsi air hangat di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Yuk, rutin minum air hangat setelah bangun tidur! (Klikdokter)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.